Harian Haluan

Harianhaluan.com

PDIP Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Kecuali di Bukittinggi, Agam dan Solsel

PDIP Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Kecuali di Bukittinggi, Agam dan Solsel
Ketua Bapilu PDI Perjuangan Sumbar Syamsul Bahri (tengah) bersama anggota DPRD Sumbar Albert Hendra Lukman (kanan) dalam sesi jumpa pers di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumbar di Kota Padang, Sabtu (ANTARA/ Mario Sofia Nasution) 

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Pendaftaran bakal calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada Sumbar 2020, dibuka  DPD PDI Sumbar mulai 25 hingga 30 November 2019.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Syamsul Bahri dalam jumpa pers di Padang, Sabtu mengatakan pihaknya akan membuka pendaftaran selama lima hari. 

"Kita membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah baik untuk Pilkada kota dan kabupaten serta Pilgub Sumbar," katanya dilansir antara.

Ia mengatakan sesuai dengan instruksi dari DPP PDI Perjuangan pendaftaran dapat dilakukan baik di tingkat provinsi maupun di pusat.


"Bagi mereka yang terkendala mendaftar di kota dan kabupaten dapat mendaftarkan diri di DPD dan DPP," kata dia.

Menurut dia pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya kepada tokoh yang akan mendaftarkan diri baik yang berasal dari kader maupun bukan kader

"Kita akan mendukung pasangan kepala daerah kecuali di Agam, Solok Selatan dan Kota Bukittinggi karena tidak memiliki kursi di DPRD setempat ," katanya.

Sementara untuk Pilgub Sumbar 2020, PDI Perjuangan memiliki tiga kursi di DPRD Sumatera Barat.

"Mereka yang mendaftar tentu harus mampu membawa partai untuk melewati ambang batas jumlah kursi yang harus dimiliki," katanya

Ia mengatakan setelah membuka pendaftaran pihaknya akan melakukan verifikasi calon dan melakukan pengusulan ke DPP.

"Kita juga lihat survei yang dimiliki calon yang mendaftarkan diri selain kompetisi yang mereka miliki," katanya. (ant)

 Sumber : Antarasumbar.com /  Editor : Dodi


Tags
pilkada
Ikuti kami di