Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ayo Liburan ke 5 Pulau Cantik di Sumbar, Ada Pulau Setan tapi Tidak Angker Lho...

Ayo Liburan ke 5 Pulau Cantik di Sumbar, Ada Pulau Setan tapi Tidak Angker Lho...
Ilustrasi 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki beragam destinasi alam menarik untuk dikunjungi. Mulai dari gunung berapi, danau, laut dan air terjun, semua ada lengkap di provinsi ini. Nah, berikut ini adalah rekomendasi lima pulau cantik di Sumbar yang tawarkan hamparan pasir putih dan panorama istimewa. Yuk, simak bersama ulasannya.

Pulau Pasumpahan

Destinasi ini masih masuk wilayah Kota Padang, tepatnya di Kecamatan Bungus, Teluk Kabung. Tempatnya bisa dijangkau dalam 25 menit perjalanan menggunakan boat dari Sungai Pisang.

Sebelum itu, Anda bisa datang menumpang kendaraan pribadi atau mengambil paket wisata khusus. Jika langsung menuju Sungai Pisang, biaya penyeberangan dengan boat bisa dinegosiasikan, tergantung jumlah rombongan.


Begitu sampai di Pasumpahan, Anda akan disuguhi panorama alam indah berupa hamparan pasir putih dan lautan biru menawan. Semuanya sungguh memanjakan mata.

Di sini Anda juga bisa menjajal beragam aktivitas seru seperti banana boat, snorkeling, foto bawah laut, dan masih banyak lagi. Kalian juga jangan melewatkan kesempatan mendaki bukit setinggi 100 meter di sisi utara pulau. Dari sini pemandangan bakal nampak epik, pastinya bakal jadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Pulau Setan

Terlepas dari namanya, pemandangan di pulau ini benar-benar indah dan jauh dari kesan angker. Hamparan lautan biru, pasir pantai, dan keheningan akan menyambut Teman Traveler selama berkunjung ke pulau tak berpenghuni ini.

Secara administratif, Pulau Setan berada dalam Kawasan Wisata Mandeh, tepat di sisi barat Sungai Pisang dan timur Pulau Pasumpahan. Anda bisa berangkat ke sini melalui Tempat Pelelangan Ikan Carocok, Tarusan. Perjalanan pergi-pulang akan memakan biaya Rp20.000an saja.

Pengunjung tak perlu khawatir soal perbekalan, sebab kawasan sekitar Pulau Setan sudah menyediakan beberapa warung. Kalian juga bisa menyewa tikar seharga Rp5.000an saja. Selain itu masih ada beberapa aktivitas seru lain seperti banana dan donut boat yang ditawarkan dengan tarif antara Rp25.000an hingga Rp30.000an.

Pulau Setan belum terlalu ramai dikunjungi, pas sekali buat Anda yang ingin istirahat sejenak sembari menjauh dari kebisingan. Pikiran bakal jadi segar dan tenang, siap untuk kembali menjalani rutinitas keesokan harinya.

Pulau Pamutusan

Destinasi ini masuk wilayah perairan Kabupaten Pesisir Selatan, namun untuk menuju ke sini juga harus menyeberang lewat Sungai Pisang. Tempatnya benar-benar tenang, cocok untuk refreshing sambil menepi sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Apalagi jika kalian sudah merasa stress dengan tekanan pekerjaan.

Pamutusan memiliki luas kurang lebih delapan hektar dan permukaannya dipenuhi hamparan pasir putih, pohon kelapa, tanaman mangrove, dan perbukitan hijau. Semuanya bakal bikin pengunjung betah liburan untuk waktu lama di sini. Tempat ini bisa diibaratkan sepotong surga tersembunyi di tengah Samudera Hindia, sebab kawasannya memang belum banyak dijamah wisatawan.

Masuk ke sini, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya sekitar Rp15.000an saja. Jika ingin menginap, kalian tinggal siapkan dana sekitar Rp350.000an untuk menyewa satu villa. Buat yang ingin lebih hemat, silakan mendirikan tenda dengan perlengkapan yang dibawa sendiri.

Pulau Pagang

Tempat ini berada tak jauh dari Pamutusan dan saling berhadapan. Luasnya mencapai 10 hektar, dengan hamparan pasir putih halus, deretan nyiur melambai, dan kawasan hutan lebat. Di sekelilingnya terdapat perairan biru jernih dengan deretan terumbu karang cantik di bawah permukaannya. Anda dijamin bakal puas snorkeling atau berenang di sini.

Sama seperti pulau lain di daftar ini, pengunjung yang ingin kemping d Pulau Pagang disarankan membawa peralatan dan perbekalan sendiri. Persiapkan semuanya dengan baik, lantaran di sekitar sini tidak ada warung sama sekali. Jangan lupa juga untuk membawa lotion anti nyamuk.

Pulau Angso Duo

Nah, buat pengunjung yang kebetulan sedang mampir ke Pariaman, bisa sekalian datang ke pulau ini. Langsung saja meluncur ke Pantai Gandoriah dan naik kapal penyebrangan khusus dengan tiket seharga Rp40.000an.

Fasilitas di Angso Duo sudah cukup lengkap. Selain penginapan, Anda juga akan menemukan musala, tempat bilas, kamar mandi, dan beragam wahana permainan air. Salah satu yang cukup menarik adalah donut dan banana boat yang ditawarkan dengan tarif antara Rp25.000an hingga Rp30.000an.

Itulah rekomendasi lima pulau cantik di Sumbar yang bisa dikunjungi. Jika kalian membutuhkan refreshing, menepi sejenak dari padatnya kota, tempat-tempat ini bisa jadi opsi terbaik. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Sumatra Barat ya.(*)

 Sumber : ist. /  Editor : NOVA


Ikuti kami di