Harian Haluan

Harianhaluan.com

Saat Pulang dari Kebun, Dua Warga Pasaman Barat Tersambar Petir

Saat Pulang dari Kebun, Dua Warga Pasaman Barat Tersambar Petir
Warga ramai melayat ke rumah duka ,korban tersambar petir di jorong Pematang Sontang, Nagari Sungai Aua, Pasabar, Mingggu petang. foto FADLI 

PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN--Dua warga Jorong Pematang Sontang, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Pasaman Barat (Pasbar), Usnan (20) dan Killy (19) tersambar petir disebuah pondok milik warga saat perjalanan pulang dari kebunnya menuju areal perkampungan, Minggu (8/12/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Try Wahluyo, SH saat dikonfirmasi awak media membenarkan bahwa, Usman dan Killy masyarakat Pamatang Sontang, Nagari Sungai Aur telah disambar petir saat melakukan perjalanan pulang dari kebun menuju kerumahnya yang mengakibatkan Usnan meninggal dunia.

Dijelaskan, kejadian tersebut berawal saat Usnan dan Killy melakukan perjalanan dari kebun menuju areal perkampungan, tiba-tiba hujan deras yang disertai dengan petir datang, sehingga keduanya berhenti disebuah pondok milik warga untuk berteduh.

Namun apa mau dikata, nasib naas menimpa keduanya, kilat yang disertai petir menyambar kedua korban yang mengakibatkan Usnan meninggal dunia.


"Korban disambar petir disebuah pondok milik masyarakat saat melakukan perjalanan pulang usai bekerja dikebunnya yang mengakibatkan Usnan meninggal dunia, sementara Killy dalam keadaan kritis dan langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat,"jelas Try Wahluyo.

Ditambahkan, Cuaca di Pasbar dalam beberapa hari belakangan ini memang tidak menentu dimana hujan lebat datang secara tiba-tiba yang terkadang juga disertai dengan kilat serta petir dan angin kencang.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada masyarakat Pasbar agar selalu berhati-hati saat beraktifitas diluar rumah terlebih bagi masyarakat yang berada ditepi aliran sungai dan didekat pegunungan.

"Kepada masyarakat diharapkan supaya selalu waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktifitas dan menghindari tempat yang dianggap rawan bencana serta selalu menjaga kebersihan untuk menghindari tersumbatnya aliran air yang bisa mengakibatkan banjir," himbaunya. (fad)

Reporter : FADLI /  Editor : Dodi


Ikuti kami di