Harian Haluan

Harianhaluan.com

Surfer Filipina Abaikan Medali Emas Demi Tolong Indonesia, Jokowi Beri Salam Hormat

Surfer Filipina Abaikan Medali Emas Demi Tolong Indonesia, Jokowi Beri Salam Hormat
Presiden Joko Widodo 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan salam hormat untuk peselancar asal Filipina Roger Casugay yang telah menolong peselancar Indonesia Arip Nurhidayat.

Roger Casugay merelakan medali emas dan memilih meninggalkan pertandingan demi menyelamatkan nyawa Arip Nurhidayat.

Salam hormat tersebut diungkapkan melalui akun Twitter resmi @jokowi. Jokowi memberikan apresiasi atas sikap Roger Casugay.

"Apresiasi saya untuk Roger Casugay, peselancar Filipina yang melepas kesempatan meraih emas demi menolong atlet Indonesia yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," kata Jokowi seperti dikutip Suara.com, Senin (9/12/2019).


Menurut Jokowi, memenangkan kompetisi secara sportif merupakan hal yang sangat penting. Namun, urusan kemanusiaan jauh lebih penting di atas segalanya.

"Memenangkan kompetisi dan menjunjung sportivitas itu penting, tapi kemanusiaan di atas segalanya," ungkapnya.

Untuk diketahui, Roger Casugar rela mengabaikan perlombaan demu menolong surfer Indonesia yang tergulung ombak dalam SEA Games 2019. Aksi Roger Casugay menuai banyak apresiasi dari banyak pihak.

Insiden tersebut turut diunggah oleh pihak SEA Games 2019 melalui akun Facebook resminya. Akibat dari peristiwa yang menimpa Arip, pertandingan nomor longboard hingga kini dikabarkan masih ditunda.

"Di tengah-tengah kompetisi peselancar putra, tali kekang Arip Nurhidayat dari Indonesia putus dan tersapu oleh ombak. Roger Casugay dari Filipina datang untuk menyelamatkan, mengesampingkan pertempuran yang sedang berlangsung untuk medali emas," tulis pihak SEA Games 2019.(*)

 Sumber : suara.com /  Editor : NOVA


Ikuti kami di