Harian Haluan

Harianhaluan.com

Peringati Hari Anti Korupsi, Kejati: Korupsi Harus Diperangi Bersama

Peringati Hari Anti Korupsi, Kejati: Korupsi Harus Diperangi Bersama
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Priyanto, membagikan stiker dan bunga kepada pengguna jalan. RAHMA WINDA 

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) Priyanto menegaskan, korupsi harus diperangi secara bersama. Tidak hanya pencegahan saja, namun juga penindakan.

"Untuk pembangunan di Indonesia lebih maju, korupsi memang harus diperangi secara bersama. Tidak bisa hanya saja pencegahan namun penindakan harus dibarengi," ujar Priyanto saat upacara memperingati Hari Anti Korupsi (HAK) sedunia, Kejaksaan di Kejati Sumbar, Senin (9/12).
 
Priyanto menambahkan, pembangunan yang sedang berjalan terus, didampingi oleh Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Dimana fungsi dari kejaksaan membidangi perdata dan tata usaha negara. 

Dia menegaskan, bila terdapat oknum-oknum jaksa yang melakukan perbuatan tercela, maka akan ditindak tegas. Maka dari itu kepada para pejabat, jangan sesekali menggoda pihak kejaksaan yang melaksanakan tugasnya," tegasnya. 

Ia menghimbau kepada masyarakat, agar selalu memberikan informasi terkait terjadi korupsi. Peran masyarakat sangatlah penting dalam pencegahan dan penindakan korupsi.

Sementara itu, Priyanto juga mengutarakan bahwa Kejati Sumbar menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB), karena Kejati Sumbar masuk kedalam Wilayah Bebas Korupsi. 
 
"Hal ini menunjukkan integritas yang tinggi bagi kejaksaan yang mana benar-benar melayani,"imbuhnya. 

Tak hanya itu, Kejati Sumbar juga menerima penghargaan dari Keterbukaan Informasi Publik, Provinsi Sumbar. Dimana menjadi dasar-dasar keterbukaan informasi publik. "Diharapkan dengan adanya penghargaan ini segenap jajaran Kejati Sumbar, terus semangat dalam berkerja," ucapnya. 

Usai upacara, Kejati Sumbar bersama dengan para asisten dan jajarannya membagikan stiker dan bunga kepada pengguna jalan. Pembagian tersebut, dilaksanakan di depan kantor Kejati Sumbar, Jalan Raden Saleh. (h/win)

Reporter : RAHMA WINDA /  Editor : Dodi


Ikuti kami di