Harian Haluan

Harianhaluan.com

Maderizal Awali Reses Perdana Anggota DPRD Bukittinggi

Maderizal Awali Reses Perdana Anggota DPRD Bukittinggi
Anggota DPRD Dari Fraksi Demokrat Maderizal, ketika melaksanakan reses Masa Sidang I di Kantor DPRD, Rabu (12/11).Gatot 

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kota Bukittinggi dari Fraksi Demokrat Maderizal, awali reses perdana anggota DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024, Masa Sidang I Tahun 2019.

Reses perorangan yang ia laksanakan di Gedung DPRD Kota Bukittinggi, Rabu (11/12), dihadiri ratusan masyarakat di daerah pemilihannya, yakni daerah pemilihan (dapil) III Kecamatan Guguk Panjang. Dalam kegiatan reses juga turut dihadiri Sekretaris Dewan (Sekwan) Noverdi, dan Ketua Komisi I DPRD Shabirin Rahmat.

Maderizal menyampaikan, reses yang dilaksanakan menjadi suatu kewajiban bagi setiap anggota DPRD. Kegiatan reses ada yang dilakukan secara perseorangan, dan  ada juga yang dilaksanakan  secara berkelompok. Namun demikian intinya sama, yakni  bagaimana wakil rakyat menjemput aspirasi konstituennya, terkhusus di daerah pemilihan masing-masing.

“Apapun aspirasi dan masukan yang disampaikan dalam reses, tentu menjadi bahan masukan bagi kami untuk ditindaklanjuti dan dibahas bersama pemerintah daerah melalui SKPD terkait,” kata Maderizal, yang juga selaku Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi.


Ia mengatakan, anggota DPRD memiliki tiga fungsi  yakni fungsi legislasi yang berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah,  serta fungsi anggaran  dan pengawasan. Sedangkan tugas dan wewenang DPRD meliputi membentuk Peraturan Daerah (Perda), membahas dan memberikan persetujuan terhadab rancangan peraturan daerah (ranperda), termasuk persetujuan  mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), serta melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD.

"Pada akhir November lalu, kami bersama Pemko Bukittinggi telah menyetujui APBD 2020  sebesar Rp 804 milyar lebih. Dimana, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dianggarkan sejumlah Rp 150 milyar lebih, yang bBerasal dari pajak daerah sebesar Rp 50 milyar lebih, retribusi daerah  Rp 79 milyar lebih, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp 6 milyar lebih, lain lain PAD yang sah Rp 14 milyar lebih," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bukittinggi, khususnya masyarakat di Kecamatan Guguak Panjang atas kepercayaan yang diberikan pada Pileg 2019. “Atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan itu, maka saya diamanahkan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Parlemenm” kata politisi senior Demokrat ini.

Menurutnya, kegiatan reses yang dilaksanakan anggota dewan ini menjadi  salah satu pintu masuk bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai usulan pembangunan kepada wakilnya di DPRD untuk disampaikan kepada pemerintah daerah. “Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan kegiatan reses yang dilaksanakan oleh anggota dewan ke daerah pemilihannya masing-masing,” tukasnya.

Dalam reses yang ia laksanakan itu, sejumlah masyarakat menyampaikan aspirasi terkait dana bantuan sosial yang diharapkan dapat mengalir kepada warga. Selanjutnya warga juga menyampaikan terkait bantuan bagi warga yang belum terdafatar di BPJS Kesehatan  karena tergolong tidak mampu, serta program khusus untuk janda yang juga tergolong kurang mampu.

Dilain sisi, warga juga mengharapkan adanya penambahan honor bagi petugas dan kader lapangan, serta  peremajaan kelengkapan sarana prasarana posyandu. Sementara itu warga di Kelurahan ATTS meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat merehab/ merenovasi kantor lurah ATTS  yang representative.

“Berbagai usulan dan asiprasi yang disampaikan masyarakat itu, kita akomodir dan akan kita tindaklanjuti untuk dilakukan pembahasan bersama pemerintah daerah. Dalam reses yang digela, bagaimana kita bisa menjemput aspirasi masyarakat tersebut,” tukas Maderizal. (h/tot)

Reporter : Gatot /  Editor : NOVA


Ikuti kami di