Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Samsat Sawahlunto Ajak Wajib Pajak Manfaatkan Pemutihan Sanksi Administrasi PKB dan BBNKB

Samsat Sawahlunto Ajak Wajib Pajak Manfaatkan Pemutihan Sanksi Administrasi PKB dan BBNKB
Wajib pajak Sawahlunto memanfaatkan layanan Samsat Keliling di seputaran terminal Pasar. (Riki Yuherman) 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Kepala UPTD Samsat Sawahlunto, Hendi Yulfian imbau wajib pajak untuk memanfaatkan program pemutihan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) yang akan berakhir pada 31 Desember 2019 ini. 

Wajib pajak bisa langsung membayar di Kantor Samsat atau juga dapat memafaatkan layanan mobil Samsat Keliling. "Mumpung masih belum berakhir masa pemutihan ini, masyarakat bisa memanfaatkannya, baik langsung datang ke Samsat maupun di layanan mobil Samsat keliling," ujarnya.

Hendi menambahkan, mengoptimalkan pendapat pajak itu, pihaknya juga membuka layanan Samsat keliling dan juga layanan Samsat Delivery bagi masyarakat yang tidak sempat mengurus sendiri, dimana petugas yang akan menjemput ke alamat wajib pajak. Secara umum, lanjut Hendi, capaian target pajak terealisasi, potensi pajak juga bertambah atau tergali. 

Dengan kata lain, ungkapnya, setiap tahun terjadi peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya. "Kami senantiasa memberikan pelayanan prima bersama mitra Samsat, dengan menganggap wajib pajak masyarakat sebagai teman atau saudara. Dan juga keterlibatan aparatur pemerintah kota yang terus mendorong masyarakatnya untuk menjadi masyarakat yang taat pajak," tuturnya.

Baca Juga : Erupsi Gunung Sinabung, Belum Ada yang Diungsikan ke Tempat Aman
Baca Juga : Wajib Tahu! Ternyata PNS dan ASN Itu Berbeda, Ini Penjelasannya


Selain itu lanjutnya, pihaknya terus meminta dukungan kepada pemerintah kota untuk menyampaikan atau mensosialisasikan program pemutihan ini,sehingga informasinya sampai hingga ke pemerintahan terdepan, yakni Desa dan kelurahan. Hendi juga mengakui, dengan adanya program pemutihan ini berimbas kepada meningkatnya jumlah pengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Sawahlunto dan juga mobil Samsat keliling.

"Terjadi peningkatan wajib pajak yang membayar pajak kendaraanya. Di mobil keliling saja misalnya, setidaknya hingga 40 an wajib pajak yang memanfaatkan layanan ini setiap harinya," kata kepala UPT Samsat Sawahlunto, Hendi Yulfian.

Pada hari biasa sebut Hendi, masyarakat yang melakukan pelayanan hanya berkisar 10 sampai 12 wajib pajak saja setiap harinya. "Banyak wajib pajak yang menunggu momen program pemutihan pajak in, terutama bagi masyarakat yang menunggak pajak kendaraannya selama ini," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Agoes Embun

Ikuti kami di