Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Bupati Yuswir Arifin Resmi Menutup Bulan Bhakti Gotong Royong di Sijunjung

Bupati Yuswir Arifin Resmi Menutup Bulan Bhakti Gotong Royong di Sijunjung
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyerahkan Trofi dan penghargaan kepada Nagari Kamang Kecamatan Kamang Baru yang memperoleh Juara I dalam Penilaian BBGRM ke XVI Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Sijunjung. 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) ke-XVI Tingkat Kabupaten Sijunjung Tahun 2019, Jumat (13/12) di Kenagarian Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan sudah usai digelar. Saat penutupan, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengatakan, sangat mengapresiasi terselengaranya BBGRM ke-16 yang berlangsung sejak 31 Juli 2019 lalu itu. 

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerjasama dan kerja keras semua pihak dengan pelaksanaan BBGRM yang sejauh ini berjalan baik. Semoga dengan kerja keras ini, doa selalu kita haturkan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa membimbing kita semua. Atas perhatian semuanya terhadap kegiatan ini, saya ucapkan terima kasih," ungkap Bupati.

Bupati juga mengaku sangat senang karena sejauh ini prinsip pelaksanaan gotong royong dalam masyarakat di Kabupaten Sijunjung masih tetap mengakar dan membudaya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Hal ini tercermin dari perilaku masyarakat yang masih mengedepankan budaya dan adat istiadat. 

"Di setiap penyelenggaraan kebudayaan, masyarakat saling bahu membahu untuk menyukseskan kegiatan adat dan budaya demi terus terpeliharanya warisan dari leluhur kita," terangnya.

Yuswir Arifin juga menuturkan, tingginya antusias baik dari generasi muda dan kaum tua dalam hal tersebut menunjukkan bahwa masih menjunjung tinggi budaya gotong royong. "Dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan BBGRM, kita dapat menilai hal-hal yang sudah kita lakukan, sekaligus juga untuk mendorong dan menggugah semangat dalam memacu dan mempercepat lajunya pembangungan daerah, termasuk pembangunan masyarakat Jorong, Nagari dan Kecamatan." 

"Secara khusus, saya juga menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sijunjung atas terpeliharanya prinsip gotong royong di dalam sendi kehidupan bermasyarakat," kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Sijunjung, Khamsiardi Malay melalui Sekretaris Dasrial menjelaskan bahwa tujuan BBGRM yang rutin dilaksanakan setiap tahun adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan dan meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah.

"Yang berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, gotong royong, serta memelihara hasil-hasil pembangunan yang sudah ada," terangnya.

Dia juga menyatakan, BBGRM ini diselenggarakan di setiap kabupaten/kota bersama Pemerintah Desa/Nagari seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Penyelenggaraan BBGRM dilakukan dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, dengan memperoleh dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, swasta dan lembaga non pemerintah lain," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, hadir Forkopimda Kabupaten Sijunjung, anggota DPRD Sijunjung Delfirman, Kadis DPMN yang diwakili Sekretaris Dasrial, Kapolres Sijunjung yang diwakili Kasat Sabhara AKP Arif, Dandim 0310/SS yang diwakili Danramil 06 Kapt (Inf) Ilham, Kepala OPD, para Camat, Wali Nagari serta tokoh masyarakat dan pemuda.

Dalam kesempatan tersebut, DPMN juga mengumumkan penilaian kegiatan BBGRM 2019 berupa Trofi dan uang pembinaan, dimana Nagari Kamang Kecamatan Kamang Baru mendapatkan Juara 1, Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung Juara II dan Nagari Koto Baru Kecamatan IV Nagari Juara III. Sementara itu Juara Harapan I Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII, Juara Harapan II Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan dan Juara Harapan III Nagari Silongo Kecamatan Lubuk Tarok. 

Selain itu, bupati juga menyerahkan penghargaan kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik yakni KAN Terbaik 1 diraih oleh KAN Muaro Takung Kecamatan Kamang Baru, Terbaik II KAN Tanjung Bonai Aur Kecamatan Sumpur Kudus dan Terbaik III dipegang oleh KAN Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan. (*)

Reporter : Oghay /  Editor : Agoes Embun


Ikuti kami di