Harian Haluan

Harianhaluan.com

Polres Solok Kota Bekuk Komplotan Pengguna Narkoba dan Sita Sejumlah BB

Polres Solok Kota  Bekuk Komplotan Pengguna Narkoba dan Sita Sejumlah BB
Inilah BB yang behasil disita satuan reserse Narkoba Polres Solok Kota, Sabtu pagi. WANDI MALIN 

SOLOK KOTA,HARIANHALUIAN.COM—Jajaran satuan reserse Narkoba Polres Solok Kota berhasil meringkus lima orang  komplotan diduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkoba di wilayah itu, Sabtu (14/12). Selain para pelaku, petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti narkoba dan uang diduga hasil penjualan rakoba tersebut. 

Kapolres Solok Kota AKBP. Ferry Suwandi,S.Ik mengatakan, penangkapan para tersangka berawal dari adanya informasi masyarakat yang menyebutkan bahwa di sebuah rumah di jalan  tanah putih komplek medis  kel. VI Suku Kec. Lubuk sikarah Kota Solok kerap terjadi aktivitas transaksi narkoba.  

Berdasarkan informasi tersebut, kemudian pelapor dan tim opsnal dari Sat   resnarkoba Polres Solok kota dibawah pimpinan Kasatresnarkoba  AKP. Joko Winarno, SH  melakukan penyelidikan di daerah  tersebut. Benar saja, sekira  pukul. 00.45 Wib, Tim berhasil mengamankan 4 (empat) orang yang berada di sebuah rumah  di jalan  tanah putih komplek medis  RT 001 RW 002 kel. VI Suku  tersebut. 

Para pelaku masing-masing Okta Feri alias Feri centeng (33), warga jln Marahadin  no.678 RT 03 RW 005 Kel Kp.Jawa  Kec.Tanjung harapan Kota Solok, Muzakir (46),  warga perumnas Nusa Indah VI Gelggang Betung RT 003 RW 004 Kel.Nan balimo Kec.Tj harapan Kota Solok,  Yuki Rama Handika (33) jln rambutan no.07 Rt 001 Rw 004  Kel.Simp.Rombio Kec. Lb Sikarah kota Solok dan  Yudi pranata (24) gelanggang betung Rt 004 Rw 004 kel.nan balimo Kec.Tj harapan Kota Solok.


Dari penggeledahan terhadap para tersangka, petugas berhasil mengamankan 1 (satu) paket kecil narkotika jenis ganja yang  dibungkus plastik klip bening ,2 (dua ) paket kecil narkotika jenis sabu yang juga dibungkus dengan plastik klip bening, 2(dua) buah timbangan digital, 1 (satu) alat isap (bong), 1( satu) kotak plastik warna hitam, 2 buah mencis, 3 buah Handphone serta  uang tunai sebanyak Rp. 13.217.000 yang diduga hasil transaksi narkoba. 

“Kami juga mengamankan dua unit sepeda motor  milik tersangka, 1 unit merek scopy  dan 1 unit merk genio warna hitam,” terang Kapolres.  

Dari informasi yang didapat, salah seorang tersangka Zakir (46) merupakan residivis yang sebelumnya merupakan anggota Polres Solok Kota yang juga ditangkap dengan kasus yang sama dengan hukuman 10 tahun penjara. Penangkapan  pada tahun 2009 tersebut juga membuat karir muzakir sebagai seorang anggota Polri tamat, pada tahun 2011 Zakir diberhentikan dengan tidak hormat dari institusi Polri. 

Meski telah menjalani proses hukuman dan pembinaan, namun hal itu ternyata tak membuat pria asal Aceh ini sadar dan menjauhi narkoba. Hari ini, zakir kembali berurusan dengan mantan korps nya dengan kasus yang sama. 

Sementara dari hasil pengembangan terhadap kasus tersebut, petugas juga berhasil mengamankan 1 orang tersangka lainnya di lokasi berbeda. Pelaku bernama Bobi Kurniawan (25) warga Ampang kualo Rt 001 Rw 006 Kel. Kampung jawa  Kec.Tanjung Harapan ini ditangkap menjelang subuh sekira pukul 04.00 wib. 

Berawal dari diamankannya  Yudi Pranata yang ditemukan membawa narkotika jenis ganja kering di mana ganja tersebut  diketahui berasal dari Jefri yang biasanya berada di rumah Bobi Kurniawan.   Dari informasi tersebut  tim Opsnal  melakukan pengecekan dan berhasil mengamankan Bobi Kurniawan  di rumahnya di Ampang kualo Kel. Kampung jawa Kec.Tj harapan Kota Solok. 

Saat dilakukan pemeriksaan dikamarnya ditemukan 1 (satu) paket yang diduga narkotika gol 1 jenis ganja yang dibungkus dengan kertas koran.  Para pelakupun dijerat dengan pasal 114 ayat 1 jo pasal 112 ayat 1 UU RI nomor 35 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 4 tahun penjara. “ Saat ini para pelaku masih menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Solok Kota,” tutupnya.  (h/ndi)

Reporter : WANDI /  Editor : Dodi


Ikuti kami di