Harian Haluan

Harianhaluan.com

Partai Demokrat Pasaman Mulai Jaring Cakada 

Partai Demokrat Pasaman Mulai Jaring Cakada 
Ketua DPC Partai Demokrat Pasaman, Rudi Apriasi, ST bersama Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Ir, H Mulyadi. (RUDHI) 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Pasaman mulai membuka pendaftaran calon kepala daerah (cakada) untuk pemilukada serentak tahun 2020. 

Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman ini mulai dibuka tanggal 9 - 24 Desember 2019, bertempat di Kantor DPC Partai Demokrat di Jalan Abdul Latif Nomor 6 Nagari Pauah, Kecamatan Lubuksikaping. 

Ketua DPC Partai Demokrat Pasaman, Rudi Apriasi mengatakan, partainya membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah yang akan diusung partai tersebut pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

"Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di Partai Demokrat tanpa mahar. Pendaftaran sudah kita buka, selama dua Pekan, mulai dari tanggal 9-24 Desember 2019," terang Rudi Apriasi kepada Haluan, Minggu (15/12).


Menurut Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Pasaman ini, dalam penjaringan cakada pihaknya tidak membatasi golongan yang boleh mendaftar. Partai Demokrat, kata dia, membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin ikut kontestasi.
 
"Kader memang kita utamakan dalam setiap hajatan politik.  Tapi itu bukan menandakan partai kita tertutup bagi orang luar. Bagi masyarakat yang tertarik untuk ikut, dipersilahkan bergabung," sebutnya.

Dibukanya pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman di partai itu sebagai bentuk perhatian Partai Demokrat untuk mencari sosok putra-putri terbaik Pasaman yang bakal diusung dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan nanti.


"Kita akan pilih figur terbaik yang memiliki Visi-Misi membangun Pasaman lebih baik bersama Partai Demokrat," ujar Rudi.


Dia menjelaskan, dalam penjaringan cakada pengurus partai di daerah hanya beperan pada tahap pendaftaran dan seleksi. Adapun Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tetap akan menjadi penentu dalam memutuskan siapa sosok yang nantinya bakal diusung. 

 
"Pastinya selain dengan DPP Partai Demokrat, kita juga membuka komunikasi dengan sejumlah Partai, soalnya koalisi diperlukan untuk mengarungi hajatan pilkada serentak tahun 2020," tukasnya. 

Ia mengatakan setelah melakukan tahapan itu maka pihaknya memberikan rekomendasi terhadap bakal calon yang akan diusung ke DPD Partai Demokrat Provinsi Sumbar, yang di komandoi Ir.H.Mulyadi yang juga digadang-gadang ikut bertarung pada Pemilihan Gubernur Sumatera Barat.

"Setelah itu baru diusulkan ke DPP di Jakarta. Namun, Partai Demokrat tetap memegang hasil survei bakal calon yang ada. Penentuan tetap dari DPP Demokrat," sebutnya. (h/yud)

 

Reporter : RUDHI LUBIS /  Editor : Dodi


Ikuti kami di