Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Bupati Hendrajoni Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir

Bupati Hendrajoni Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir
Bupati Hendrajoni di dampingi ketua TPcPKK Kabupaten Pesisir Selatan Hj Lisda Hendrajoni tengah menyerahkan bantuan korban banjir di nagari Gurun Panjang Kecamatan Bayang Pessel .(M Joni) 

PAINAN,HARIANHALUAN. COM - Pemda Pesisir Selatan mendistribusikan sebanyak 500 paket sembako untuk korban banjir untuk sejumlah  nagari di kecamatan Bayang dan Kecamatn IV Jurai Pessel,bantuan tersebut diserahkan bupati Hendrajoni,Kamis ( 26/12).

Menurutnya, bantuan  tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban para korban,kata Hendrajoni didampingi Ketua TP PKK setempat, Lisda Hendrajoni yang juga anggota Komisi VIII DPR RI. 

Dalam penyerahan bantuan itu ikut hadir  Sekda Ir. Erizon,Anggota DPRD Pesisir Selatan Al Ermon serta sejumlah kepala dinas

Menurut Hendrajoni bantuan yang diserahkan belum menjangkau seluruh korban, saat ini penyerahan bantuan pada 3 nagari  di Kecamatan IV Jurai yakni,nagari Taratak Tangah Lumpo, Lumpo  induk dan nagari  Ampuan Lumpo, kemudian penyerahan bantuan yang sama juga serahkan  di Nagari Gurun PanjangvKecamatan Bayang

Baca Juga : WhatsApp Siapkan Fitur Baru saat Salah Grup Ketika Kirim Pesan
Baca Juga : Ada 10 Persen Orang Kidal dari Populasi Dunia, Ternyata Ini Penyebabnya


Musibah banjir pada beberapa nagari tersebut disebabkan terjadinya pendangkalan sungai,kondisi tersebut membuat arus air sungai tidak lancar menuju muara

Musibah banjir sering terjadi,terutama tingginya curah hujan, air sugai merambat ke darah pemukiman penduduk, bahkan musibah ini sering mengundang korban yang membuat masyarakat mengalami kerugian harta benda maupun korban jiwa.

Upaya untuk mengatasi banjir, kini Pemda Pessel terus berupaya untuk membangun normalisasi alur sungai dengan pelurusan alur sungai melalui dana provinsi maupun dana pusat, kata Hendrajoni

Dari catatan BPBD setempat, khusus di Kecamatan IV Jurai banjir melanda delapan nagari yakni Ampuan, Limau Gadang, Batu Kunik, Taratak Tangah, Lumpo, Bukik Kaciak dan Sungai Gayo, Sungai Sariak Lumpo.

Banjir tersebut menyebabkan 446 rumah terendam banjir serta berdampak pada 359 kepala keluarga, kejadian itu juga menyebabkan 65 kepala keluarga mengungsi.

Sedangkan untuk Kecamatan Bayang data sementara, di Nagari Gurun Panjang merendam rumah sebanyak 242 rumah dan Gurun Panjang Utara 186 rumah, serta merendam padi seluas 86 Hektar.( h/mjn)

loading...
Reporter : M JONI /  Editor : Dodi

Ikuti kami di