Harian Haluan

Harianhaluan.com

Tingkatkan  Pemilih Cerdas, KPU Agam Maksimalkan Fungsi Rumah Pintar

Tingkatkan  Pemilih Cerdas, KPU Agam Maksimalkan Fungsi Rumah Pintar
Anggota KPU Agam Erkonalis, Ismul Hamdi, didampingi Sekretaris KPU Mulyadi memberikan Cinderamata Kepada Ketua PWI Mursyidi. RAHMAT HIDAYAT 

 AGAM,HARIANHALUAN.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam memaksimalkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Kecerdasan politik bisa dilihat dari kepedulian serta partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Partisipasi Masyarakat dan Sosialisasi KPU Agam, Erkonolis, di Lubuk Basung, saat silaturahmi dengan pengurus PWI Agam Jumat (27/12/2019).

Menurut Erkonalis, secara umum partisipasi pemilih meningkat dibandingkan Pemilu dan Pilkada 2015. KPU mengundang siswa, organisasi masyarakat dan komunitas ke RPP untuk mensosialisasikan Pilkada.

Ia menjelaskan,  pada Pemilu 2019, partisipasi pemilih sekitar 71,06 persen dan Pilkada 2015 partisipasi hanya 55 persen. Terjadi peningkatan meskipun belum mencapai target secara nasional. 

Dikatakannya, seluruh elemen yang ada akan diundang, sehingga akan terbentuk pemilih cerdas, yang tentunya akan berdampak kepada partisipasi pemilih. 

"KPU Kabupaten Agam, akan memanfaatkan rumah pintar pemilu (RPP) untuk mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah 2020 kepada masyarakat agar partisipasi pemilih semakin meningkat," katanya. 

Selain mendatangkan pemilih ke rumah pintar pemilu, KPU Agam juga mensosialisasikan Pilkada dengan jemput bola dengan banyak kegiatan.  " Kita menyosialisasikan seluruh tahapan, cara pemilihan dan lainnya. Kami juga mengapresiasi kedatangan pengurus PWI ke RPP KPU Agam," katanya.

Sementara itu Ketua PWI Agam, Mursyidi mengatakan, dalam mencapai pemilih cerdas memang diperlukan beragam upaya, salah satunya menjalin komunikasi dengan banyak pihak. 

Ia mengapresiasi KPU Agam yang menjalin komunikasi salah satunya dengan PWI Agam. Mursyidi juga menyarankan dalam menghadapi pesta demokrasi KPU juga memiliki media Center sebagai tempat pusat informasi dan layanan kepada media.

Turut hadir dalam kesempatan itu Sekretaris KPU Adly Mulyadi, anggota KPU Ismul Hamdi, Ketua PWI Agam Mursyadi. Pengurus PWI Kabupaten Agam. (h/yat)

Reporter : RAHMAT HIDAYAT /  Editor : Dodi
Ikuti kami di