Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Home »

pemda

25 ASN Kemenag Sawahlunto Peroleh Satya Lencana Karya Satya

25 ASN Kemenag Sawahlunto Peroleh Satya Lencana Karya Satya
Penyematan tanda penghormatan Satya Lencana Kaeya Satya oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta kepada ASN Kemenag yang mengabdi selama 10 hingga 30 tahun. RIKI YUHERMAN 

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Sebanyak 25 ASN Kementrian Agama Kota Sawahlunto menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI, atas pengabdiannya selama 10 hingga 30 tahun. Tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya itu disematkan langsung oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta dalam upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 Kementrian Agama, Jumat 3 Januari 2020 di Camping Ground Kandi.

Membacakan amanat mentri Agama RI, Wako Deri Asta mengajak ASN Kemenag agar memahami sejarah berdirinya Kemenag, menjaga idealisme, kejujuran, integritas, budaya kerja, bekerja adalah ibadah, melayani umat sebagai sebuah kemuliaan, memperkokoh ekosistem pembangunan antar sektor maupun pemangku kepentingan, merangkul semua golongan dan potensi umat serta mengimplementasikan visi misi Kemenag.


"Berdirinya Kementrian Agam adalah untuk menjaga dan memeilihara sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat. Kendati negara Indoensia secata formal tidak berdasarkan agama tertentu, tidak menetapkan agama sebagai agama rsmi, akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah memgamgkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan sesuai konstitusi negara. Sejalan dengan tema HAB, Umat Rukun Indonesia Maju, seluruh jajaran Kemenag harus menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan dan menempatkannya diatas semua kepentingan pribadi maupun kelompok," tuturnya masih membacakan amanat mentri Agama.

Ada dua teori menyangkut hubungan agama dan negara lanjutnya, yaitu integrasi dan sekularisasi sedangkan negara kita menganut teori akomodasi dimana penguatan identitas keagamaan dan kebangsaan tidak boleh dipisahkan apalagi dipertentangkan.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19, Polres Pasbar Lakukan Kegiatan Preventif
Baca Juga : Diminta Jadi Capres 2024, Begini Jawaban Prabowo


Sementara Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto Idris Nazar menambahkan, 25 ASN yang menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya terdiri dari 11 PNS yang telah mengabdi 10 tahun, 13 orang untuk pengabdian 20 tahun dan 1 orang masa pengabdian 30 tahun.

Usai pelaksanaan upacara, Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu didampingi Ketua BAZNAS Kota Sawalunto M.Syarif beserta Kakankemenag menyerahkan bantuan zakat untuk 41 orang siswa madrasah semua tingkatan.(h/rki)

loading...
Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi

Ikuti kami di