Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Bupati Hendrajoni Bagikan Ribuan Bibit Manggis di Kambang Utara

Bupati Hendrajoni Bagikan Ribuan Bibit Manggis di Kambang Utara
Bupati Hendrajoni mekakukan penanam perdana bibit manggis di Lubuk Sariak Nagari Kambang Utara, Sabtu (4/1/2020) M JONIPessel ( M Joni) 

PAINAN,HARIAN HALUAN.COM. Bupati Pessel  Hendrajoni menyerahkan sebanyak 3800 batang bibit manggis  kepada petani  Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lenggayang Pessel,  kata kabag Humas Pemda Pessel,Sabtu ( 4/12)

Selain itu , bupati juga  melakukan penanaman perdana bibit manggis  di Lubuak Sariak nagari setempat, kegiatan tersebut diikuti Kepala Dinas Pangan Alvis Basir dan sejumlah kepala perangkat daerah, Camat Lenggayang Zoni Eldo, Wali Nagari Kambang Utara Ul Sabri dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Hendrajoni,penebaran bibit manggis   pada lahan pertanian masyarakat, diharapkan nanti tanaman ini bisa sebagai komoditi unggulan daerah,terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari Kambang Utara Pessel.

Keberhasilan yang dicapai membutuhkan kerja keras dalan pemeliharaannya,kemudian adanya pembinaan secara kontiniu kepada petani oleh dinas terkait,ulasnya

Saya tidak menginginkan petani giat hanya pada saat melakukan penanaman, tapi setelah itu dibiarkan saja, sehingga bibit menjadi sia sia. Hal ini jelas akan merugikan petani,dan Pemda Pessel.

Menurutnya, sektor pertanian dan perkebunan  merupakan bagian dari prioritas pembangunan untuk meningkat perekonomian masyatakat Pesisir  Selatan.

Sementara itu,Kepala Dinas Pangan Pesisir Selatan Alvis Basir menjelaskan, sebanyak 3800 batang tersebut, 3500 batang  berasal dari bantuan Balai Penelitian Buah Sumbar dan sisanya 300 batang dari Dinas Pangan provinsi Sumbar.

Penanaman bibit manggis merupakan keinginan masyarakat Nagari Kambang Utara yang juga sebagai  nagari mandiri pangan Pesisir Selatan dengan  memilih komoditi    manggis sebagai produk unggulannya.

Wali Nagari Kambang Utara, UL Sabri mengungkapkan, masyarakat sudah sepakat untuk mengganti sawit dengan manggis dan durian.

Tingginya antusias masyarakat menebarkan bibit sawit dan durian cukup beralasan, selama ini sebagai faktor memicu keringnya sumber air di nagari setempat,air juga merupakan kebutuhan kehidupab masyakat(*)

Reporter : M JONI /  Editor : DODI NJ
Ikuti kami di