Harian Haluan

Harianhaluan.com

UIN Gandeng Kemenag Sumbar Gaet Mahasiswa Baru

UIN Gandeng Kemenag Sumbar Gaet Mahasiswa Baru
Wakil Rektor I BIdang Akademik UIN Imam Bonjol Padang, Hetti, Kakanwil Kementerian Agama Sumbar, Hendri, serta Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (Akama), Raherma Syafianti dan Kasubag Humas dan Informasi, Getri Ardenis, foto bersama. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menjelang penerimaan mahasiswa baru, pihak kampusUniversitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, melakukan kunjungan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat (Kanwil Kemenag Sumbar). Tujuannya untuk meminta dukungan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ke madrasah yang ada di Sumbar.

Wakil Rektor I BIdang Akademik UIN Imam Bonjol Padang, Hetti Waluati Triana menyebutkan, pihaknya akan melakukan kunjungan ke Kantor Kementerian Agama di kabupaten/kota. Kemudian akan sosialisasi di berbagai sekolah Madrasah Aliyah (MA), terutama pertemuan dengan operator Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

"Selain silaturahmi, kita memang meminta dukungan untuk penerimaan mahasiswa baru dari madrasah," kata Hetti didampingi Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (Akama), Raherma Syafianti dan Kasubag Humas dan Informasi, Getri Ardenis, Selasa (14/1/2020).

Menanggapi itu, Kakanwil Kementerian Agama Sumbar, Hendri menyatakan pihaknya siap bekerjasama untuk mensosialisasikan penerimaanmahasiswa baru UIN Imam Bonjol Padang. Namun, ia sekaligus jugamenyampaikan harapan agar kompetensi lulusan UIN Imam Bonjol nanti sesuai dengan tuntutan dunia kerja saat ini.

Hendri berharap alumni UIN Imam Bonjol Padang bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Baik wawasan, penampilan, dan kemampuan manajerial, dengan upayameningkatkan kemampuan manajemen pendidikan  bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) di kampus itu.

Hendri menyampaikan, pihaknya akan koordinasi dan sosialisasi yang lebih intensif antara pimpinan UIN Imam Bonjol dengan jajaran Kanwil Kemenag, Pemprov Sumbar, dan Pemkab/Kota se-Sumbar. Dengan tujuan, agar pemerintah dan masyarakat mengatahui program studi (Prodi) yang ada di kampus Islam terbaik di Sumbar itu. 

Selain itu, ia mengusulkan agar UIN Imam Bonjol Padang membuka beberapa progdi yang sangat dibutuhkan di lingkungan Kanwil Kemenag, seperti Prodi Produk Halal, Prodi Manajemen Pelayanan Haji, Prodi Manajemen Asrama Haji, Prodi Manajemen Zakat dan Prodi Manajemen Waqaf.

"Harapan kita bersama, semoga UIN Imam Bonjol Padang semakin maju, serta dapat mewujudkan visi-misinya," kata Hendri didampingi Kabag TU Kanwil, Irwan, Kabid Pendidikan Madrasah, Syamsul Arifin, dan Maswar selaku Kabid Penamas. (*)

 Sumber : Rilis /  Editor : Milna
Ikuti kami di