Harian Haluan

Harianhaluan.com

Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020

Waspadai Potensi Ancaman, Panglima TNI Ajak Kawal Dan Sukseskan Pilkada Tahun 2020
Kolonel Inf Edi Nurhabad selaku Kepala Staf Korem 032/Wbr, membacakan amanat tertulis panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dihadapan para prajurit TNI. Pada upacara bendera tujuh belasan, di lapangan Wirabraja Sport Center Terandam Padang, Jumat (17/1/2020). 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, tidak berapa lama lagi akan dihelat secara serentak. Pasalnya saat ini telah, terlihat baliho para calnon di jalan-jalan, namun demikian pelaksanaan pilkada harus berjalan dengan sukses.

Hal inilah yang dikatakan, Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Komando Resor Militer 032/wbr, Kolonel Inf Edi Nurhabad, pada upacara bendera tujuh belasan, di lapangan Wirabraja Sport Center Terandam Padang, Jumat (17/1/2020).

Dalam amanat tertulis panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Kolonel Inf Edi Nurhabad, dikatakan agar seluruh prajurit TNI, akan kembali mengawal dan menyukseskan Pilkada serentak di 270 wilayah.

"Dengan tekad menjamin agar, pesta demokrasi berjalan aman, lancar, dan sukses. Selain itu TNI harus tetap mewaspadai adanya potensi-potensi ancaman lainnya, termasuk didalamnya bencana alam dikarenakan posisi geografis Indonesia serta, perubahan iklim global menyebabkan sewaktu waktu terjadinya bencana," katanya.

Ia menambahkan, rencana kontijensi harus dimiliki dengan dilatih dan dikoordinasikan dengan berbagai upaya, pencegahannya sebagaimana yang ditekankan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam kegiatan upacara tersebut, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan kepada segenap personel TNI dan PNS diantaranya. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa, dengan memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas.

Tingkatkan profesionalisme perorangan dan satuan agar tugas terlaksana secara optimal, laksanakan koordinasi, sinergi, dan kerja sama yang baik dengan instansi lain maupun berbagai komponen yang ada dimasyarakat. Dalam  membangun kewaspadaan dengan deteksi dini dan cegah dini terhadap kecenderungan kerawanan yang mungkin terjadi, perkokoh kemanunggalan dengan rakyat, karena Dharma Bakti TNI dipersembahkan hanya untuk rakyat.

Usai melaksanakan upacara bendera, Kolonel Inf Edi Nurhabad selaku Kepala Staf Korem 032/Wbr, yang masih dalam suasana tahun baru, mengucapkan selamat tahun baru  kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI Korem 032/Wbr, selanjutnya juga menekankan, agar kinerja kita kedepannya harus lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

“Mengakhiri pengarahannya Kasrem 032 menambahkan agar, seluruh personel dan jajaran harus siap mengantisipasi tentang, kemungkinan sewaktu waktu terjadinya perubahan cuaca yang bisa mengakibatkan bencana alam. Serta berdampak kepada lingkungan bahkan kerugian personel dan materiil,"  ujar Kasrem 032.

Dalam kegiatan upacara ini diikuti oleh seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Korem 032/ Wirabraja sejajaran dalam suasana khidmad, tertib dan lancar. (*)

 Sumber : Rilis /  Editor : Milna
Ikuti kami di