Harian Haluan

Harianhaluan.com

Andalkan Sistem Online, Pemprov Sumbar Klaim Nihil ASN "Siluman"

Andalkan Sistem Online, Pemprov Sumbar Klaim Nihil ASN
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memimpin apel gabungan bagi ribuan pegawai lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar, Jumat (17/1/2020). Ist 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Provinsi Sumbar mengklaim tidak ada Aparatur Sipil Negara (ASN) "siluman" di lingkungan kerjanya. Pasalnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebut semua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah mengikuti perekrutan secara fair.

"Tidak ada ASN titipan. Walaupun 2010 hingga 2012 masih bisa dan saya tahu pasti, tetapi provinsi tidak ada. Kita syukuri dan Alhamdulillah hasilnya menurut kepala SKPD hampir rata-rata hebat dan mampu bekerja," kata Irwan saat memimpin apel gabungan bagi ribuan pegawai lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar, Jumat (17/1/2020).

Irwan menuturkan, menanjai ASN bukan perkara mudah lantaran sejak tahun 2014 perekrutan CPNS sudah dilakukan secara online. Maka dari itu, Irwan mengingatkan kepada abdi negara agar taat aturan yang berlaku. Jangan sampai keluar dari aturan yang telah ditetapkan.

"Kalau dulu ada cerita, perekrutan calon pegawai negeri sipil dianggap orang yang diterima itu tinggalnya di sekitar kantor gubernuran. Keluarga dari ASN di lingkungan Pemprov Sumbar masuk dan diterima jadi ASN. Itu dulu," kata Irwan lagi.

Namun saat ini tak bisa lagi demikian, Irwan pun menegaskan, meski ada sanak saudar, bekingan dan lainnya tidak akan berhasil. Karena, semuanya telah mengikuti sistem online. Perekrutan CPNS dilakukan secara objektif.

"Sekarang tak bisa lagi sama sekali. Mau saudara kandung, adik kandung, dan lainnya tidak bisa. Begitulah sistem yang ada. Kebijakan apapun yang dibuat, meskipun ada istilah dikresi, tapi harus tetap ikuti aturan," tegas Irwan.

Bagi yang tidak mengikuti aturan, tambah Irwan, hampir sembilan tahun dirinya menjabat data pegawai yang kena sanksi ada di inspektorat. Bahkan ada yang diberhentikan. Ini semua dari semua permasalahan mereka karena ulah sendiri, bukan karena gubernur.

"Khusus kepada ASN yang baru, saya mengajak untuk selalu bersyukur," tukasnya. (*)

 Editor : Milna
Ikuti kami di