Harian Haluan

Harianhaluan.com

Hardison Datuak Tulahir Resmi Jabat Walinagari Sitanang

Hardison Datuak Tulahir Resmi Jabat Walinagari Sitanang
Hardison diambil sumpah saat dilantik jadi Walinagari Sitanang sebagai Penggantian Antar Waktu walinagari sebelumnya yang meninggal dunia. (DADANG) 


LIMA PULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM-Terhitung Jumat (17/1) ini, Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban resmi memiliki Walinagari definitif yang baru pasca meninggalnya Faniswandri sebagai Walinagari setempat. Posisi Faniswandri digantikan oleh Hardison Datuak Tulahir.

"Sudah tiga bulan Nagari Sitanang tidak memiliki walinagari yang definitif. Alhamdulillah, saat ini Walinagari sudah dilantik,"ucap Datuak Rajo Mangkuto tokoh masyarakat Nagari Sitanang sela-sela pelantikan walinagari pada Jumat (17/1) .

Kata mantan Lurah di Payakumbuh itu, selama 3 bulan terakhir ini, Sitanang dipimpin oleh Zainal sebagai Pj Walinagari. Hardison Datuak Tulahir dilantik di aula SMPN 5 Lareh Sago Halaban oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari (DPMD) Limapuluh Kota, A Zuhdi Perama atas nama Bupati Irfendi Arbi. Hadir saat pelantikan sejumlah walinagari se Kecamatan Lareh Sago Halaban, Ketua Badan Musyawarah Nagari, Bundo Kanduang, KAN dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala DPMD itu menegaskan agar Hardison yang baru dilantik segera mempelajari dan memahami tugas kewajiban dan wewenang sebagai Walinagari Sitanang. "Pelajarilah peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, jalinlah komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh kelembagaan serta mitra pemerintahan nagari,"terang A Zuhdi Perama.

Kemudian, pria yang akrab disapa Pram itu berpesan agar Walinagari Sitanang serta perangkatnya harus bisa memahami kondisi wilayah, nagari harus punya data yang valid. Mulai dari data warga kurang mampu, data potensi di nagari serta data-data penting lainnya.

"Secara garis besar, ada 4 poin yang harus dilakukan oleh Walinagari. Pertama inovasi yang lahir dari pemerintahan nagari, kedua adanya produk unggulan, ketiga pelayanan publik yang baik dan terakhir penyelenggaraan pemerintahan. Ini penting dalam memajukan nagari,"terang Pram lagi. 

Sedangkan Walinagari Sitanang yang dilantik, Hardison Datuak Tulahir akan menjalankan pemerintahan nagari sesuai dengan aturan berlaku dan kedepannya siap saja menjalankan 4 poin penting dalam  pengelolaan pemerintahan untuk kemajuan Nagari Sitanang. (h/ddg)

Reporter : DADANG /  Editor : Dodi
Ikuti kami di