Harian Haluan

Harianhaluan.com

Sungai Meluap Rusak Dapur Warga di Tiku

Sungai Meluap Rusak Dapur Warga di Tiku
Curah hujan tinggi menyebabkan sungai di Jorong Bukik Malintang, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara meluap. DAYAT 

AGAM,HARIANHALUAN.COM-Tingginya curah hujan di Kabupaten Agam sejak Jumat siang menyebabkan bencana di beberapa wilayah Kecamatan Tanjung Mutiara. Warga yang tinggal di wilayah rawan diharap waspada.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam, M Lutfi mengatakan, curah hujan cukup  tinggi di sebagian wilayah Kabupaten Agam Jumat. 

Ia menjelaskan air sungai yang meluap di Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusalam menyebabkan dua Dapur warga dan merobohkan pembatas rumah.

" Rumah milik  N. Hj. Marni dan N.  Nur Sae tidak kuat menahan gerusan akibat derasnya sungai. Akibat kejadian ini kerugian lebih kurang 30 juta," katanya.


Sementara di Jorong Bukik Malintang, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara luapan sungai menyebabkan rusaknya tanggul penahan bangunan masjid Nurul Iman. Selain itu menyebabkan rusaknya pintu irigasi anak air Kerinci

"BPBD Kabupaten Agam sudah turun ke lokasi dan terus berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan dan Nagari untuk melakukan pendataan," jelasnya 

Lutfi juga menghimbau masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan ketika curah hujan  tinggi khususnya bagi masyarakat yang tinggal pada wilayah yang tinggi potensi bencana. (h/yat)

Reporter : RAHMAT HIDAYAT /  Editor : Dodi
Ikuti kami di