Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pasar Jumat Langganan Banjir, Pemkab Pessel Harus Peduli!

Pasar Jumat Langganan Banjir, Pemkab Pessel Harus Peduli!
Inilah kondisi Pasar Jumat Lagan dan pemukiman rumah warga yang sering digenangi banjir.. (Efrizal) 

PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Setiap hujan turun warga Pasar Jumat,Kenagarian Lagan Hilir,Kecematan Linggo Sari Baganti,Kabupaten Pesisir Selatan, selalu  merasa cemas akan datangnya banjir.

Penyebabnya  banjir karena  di area Pasar Jumat tidak adanya drainase sehingga  jika hujan deras banjir pun datang merendam. Ya, tiap hunjan turun kami mulai cemas," ungkap  seorang Warga setempat Sopian (50)  kepada harianhaluan.com, Sabtu (18/1).

Sel Aldi turut perhatin. Selaku putra Daerah setempat  dia menilai, persoalan banjir yang tetap melanda Pasar Jumat itu ,dikarenakan tidak ada Drainase, padahal Pasar Jumat ini adalah pusat pemerintahan Nagari ,apalagi menyangkut hajat orang banyak .

"Kondisi seperti ini sudah dirasakan masayrakat puluhan tahun , kalau kerugian materil sudah tidak terhitung lagi ,terkadang tidak sempat menyelamatkan barang- barang berharga ,karena banjir terjadi di tengah malam dengan cepat, ungkapnya  prihatin.

"Harapannya ,agar kejadian seperti ini   menjadi catatan bagi pihak-pihak terkait khususnya pada pemerintah Setempat ",tuturnya Sel Aldi .

 Walinagari Arpen saat  dikonfirmasi menyaratakan , pada tahun 2019 yang lalu pihak pemerintahan Nagari sudah mengajukan proposal ke Dinas terkait Kabupaten Pesisir Selatan , untuk pemasangan Drainase di area pemukiman Rumah Warga .Namun , hal itu belum terlisasi hingga sekarang.

"Mudah- mudahan pada tahun 2020 ini bisa dikabulkan. Sementara ini kita perlu  bersabar  karena semuanya butuh proses ," tutupnya .(h/Efz) 

 

Reporter : EFRIZAL /  Editor : Dodi
Ikuti kami di