Harian Haluan

Harianhaluan.com

Pemko Apresiasi AYPI Kembangkan Wakaf Produktif di Padang

Pemko Apresiasi AYPI Kembangkan Wakaf Produktif di Padang
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul saat mewakili Wali Kota Padang sewaktu membuka Seminar Nasional Wakaf Produktif Untuk Pendidikan yang Berkualitas di aula lantai dasar Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (18/1/2020).  

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang menyambut baik Asosisasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) yang tengah berupaya mengembangkan wakaf produktif di Kota Padang. Dengan demikian, diharapkan para nadzir atau pengelola wakaf ke depan lebih fokus lagi dalam mengembangkan wakaf produktif agar hasilnya bisa dirasakan umat.

Sehingga dengan itu, masyarakat Kota Padang khususnya diharapkan dapat terbantu dalam pengembangan pendidikan sekolah melalui program AYPI. Untuk itu atas nama Pemerintah Kota Padang, kita memberikan apresiasi yang luar biasa pada AYPI, sebagaimana bertepatan pada momen pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah lalu telah melaunching secara resmi pengelolaan wakaf untuk pembangunan umat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul saat mewakili Wali Kota Padang sewaktu membuka Seminar Nasional Wakaf Produktif Untuk Pendidikan yang Berkualitas di aula lantai dasar Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (18/1/2020).

Seperti diketahui, seminar tersebut merupakan bahagian dari kegiatan Islamic Expo 2020 yang berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu (18-19/1/2020) di Masjid Raya Sumbar. Selain seminar juga digelar bazaar busana muslim, UMKM, serta obat-obatan dan lainnya.

Dikatakan Amasrul, kegiatan seminar yang digagas oleh AYPI Sumatera Barat (Sumbar) itu sangat penting dilakukan karena juga diselingi dengan kegiatan Focus Group Discussions (FGD) dengan tema Peran AYPI Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Pada Era Revolusi 4.0.

Ia pun juga berharap bagaimana potensi wakaf yang ada di Kota Padang lebih tergali lagi sepenuhnya ke depan. Hal itu mengingat potensi wakaf aset baik tanah dan bangunan sangat besar di Kota Padang, namun pengelolaannya masih belum maksimal.

"Untuk itu, semoga melalui seminar ini tentu nanti bagaimana cara pengelolaan wakaf itu dengan baik akan dipaparkan oleh para narasumber. Sehingga nanti apabila ini dapat kita lakukan dan maksimalkan secara baik, tentu akan membantu anak yatim dan fakir miskin untuk pendidikannya," harap Sekda kepada sejumlah pengurus AYPI Kota Padang yang dilantik pada kesempatan itu.

"Sehingga apa yang kita cita-citakan bagi Kota Padang ini ke depan yaitu menjadikan Padang sebagai kota madani dan sejahtera dapat terwujud. Yaitu dengan semua potensi bisa dimanfaatkan dan dikelola secara baik salah satunya dalam urusan wakaf," pungkasnya.

Lebih jauh Sekda berharap, melalui kegiatan seminar nasional tersebut akan memberikan hasil-hasil yang bisa ditindaklanjuti di Kota Padang ke depan.

"Karena kita telah mencanangkannya pada 1 Muharram 1441 Hijriah lalu, dan bagaimana implementasinya nah di seminar inilah akan terbuka dan dibahas nantinya," sambungnya.

Adapun sebagai narasumber menghadirkan Ketua Umum AYPI Pusat H. Mirdas Eka Yora, Lc. M.Si yang juga Ketua Yayasan Fajar Hidayah Cibubur. Selanjutnya Wasekjen BWI Pusat DR. Fahrurrojie, Lc. MA serta Ahmad Jayadi yang merupakan Penggiat Bisnis Retail, Ketua Ekonomi Syariah AYPI dan Founder ALIF POIN. (*)

 Sumber : Humas Kota Padang /  Editor : Milna
Ikuti kami di