Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Tiga Rumah di Bayang Pessel Rusak Diterjang Tanah Longsor

Tiga Rumah di Bayang Pessel Rusak Diterjang Tanah Longsor
Masyarakat melakukan goro guna membersihkan di rumah warga mereka yang timbunan lumpur, Minggu (18/1/2020). 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Tiga rumah Warga di Kampung Luhung Kenagarian Pasar Baru, Kecematan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, tertimpah tanah longsor, Sabtu (18/1/2020). Korban yang tertimpah tanah Longsor tersebut merupakan warga setempat Ujang (49).

Pada kejadian itu bagian dapur rumahnya dan Diding rumah sekaligus dua bagian lantai belakang roboh. Berikutnya, rumah milik Syafrianto (39) dan Darliusni (43) kedua rumah ini juga mengalami kerusakan pada bagian belakang Dapur.

"Sejumlah rumah penduduk lainnya ,yang berada di Kampung Luhung juga dimasuki material Longsor dan Lumpur," ucapnya Camat setempat, Iiham Rahmadsyah Putra.

Pada dini hari Minggu (19/1/2020) warga Kampung Luhung melakukan secara bersama-sama untuk membersihkan kawasan rumah yang digelimangi tanah liat dan kotoran Air yang melekat.

Secara terpisah, di Kecematan Linggo Sari Baganti, juga terjadi dilanda banjir pada empat Nagari Sabtu malam.

"Keempat Nagari tersebut , Nagari Lagan Hilir Punggasan, Punggasan Timur, Padang XI Punggasan dan Air Haji tenggara," tuturnya Camat Linggo, Ahmad Hidayat, saat dikonfirmasi Haluan .

"Kondisi siang ini sudah mulai redah .Namun ,kita tetap waspadah dengan keadaan Cuaca yang masih memburuk," imbau Ahmad Hidayat.

Selain bencana Banjir, juga ada tanah Longsor di kawasan Gunung Linggo, Kampung Koto merapak, Kenagarian Padang XI Punggasan, Kecematan Linggo Sari Baganti. Menurut Ahmad Hidayat, berdasarkan data sementara tidak ada kerugian materil karena lokasi Longsor jauh dari pemukiman rumah Warga .

"Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, hanya sebagian tanah yang Longsor menyelimuti sebagian Lahan milik warga di Area tepi bukit Gunung Linggo, ada beberapa hektar yang belum tau luasnya," kata Ahmad Hidayat.

Sementara itu ,Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan ,Erman Budiarto mengatakan. Segala titik yang tertimpah Bencana khususnya Pessel, pihaknya sudah menurunkan team ke lapangan.

"Untuk Lebih lanjutnya kami masih dalam tahap pendataan disetiap kejadian Bencana tersebut," tutupnya. (h/Efz)

Reporter : Efrizal /  Editor : Milna
Ikuti kami di