Harian Haluan

Harianhaluan.com

Inilah Enam Orang dengan IQ Tertinggi se Jagad

Inilah Enam Orang dengan IQ Tertinggi se Jagad
William James Sidis  

SAINS,HARIANHALUAN.COM-Intelligence Quotient (IQ) merupakan salah satu ukuran kecerdasan orang. Hanya sedikit tercatat orang yang dianugerahi Tuhan dengan IQ sangat tinggi. Alhasil orang-orang memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan yang lainnya.

Berikut daftar orang dengan IQ tertinggi:

1. William James Sidis  dengan jumlah skor sekitar (250-300)

William  masuk Harvard ketika masih berumur 11 tahun untuk belajar matematika. Pada umur 2 tahun ia sudah terbiasa membaca New York Times di pagi hari. Ia juga mampu menulis buku tentang anatomi dan astronomi ketika masih berusia 8 tahun.

2. Terence Tao (230)

Tao lahir pada 17 Juli 1975 di Australia dan dibesarkan di Shanghai. Orang tuanya adalah pasangan dokter dan guru. Ketika umur dua tahun Tao mampu mengajarkan aritmatika dan bahasa Inggris pada kerabat yang usianya lima tahun.

Dia menjuarai berbagai olimpiade skala internasional sekaligus menjadi pemenang termuda. Pada 2013, Tao telah menerbitkan lebih dari 250 makalah penelitian dan 17 buku.

3. Christopher Hirata (225)

Pada 1982, Hirata telah mencatatkan namanya di daftar orang-orang jenius dengan skor IQ 225. Pria super jenius ini telah menyelesaikan pelajaran kuliah sarjana ketika umur 12 tahun.

Pada umur 16 tahun, dia sudah ikut bergabung dengan proyek NASA. Hirata memulai kelas doktornya di bidang astrofisika ketika umur 18 tahun.

4. Kim Ung-yong (210)

Kim sudah bisa berbicara lancar ketika masih berusia enam bulan. Pada 2 November 1967, di usia lima tahun, ia muncul pada acara di Fuji TV di Jepang dan membuat penonton terpukau karena mampu menyelesaikan soal matematika yang rumit. Sekarang ia bekerja di Universitas Nasional Chungbuk, Korea Selatan.

5. Christopher Michael Langan (195-210)

Ia sempat disebut sebagai orang paling jenius di Amerika. Langan sudah berbicara lancar ketika berumur enam bulan, mampu membaca dengan baik ketika umur 3 tahun. Dia sangat jenius hingga mampu mencatat nilai sempurna dalam tes SAT meskipun dia sempat tidur ketika tes.

6. Gary Kasparov (194)

Kasparov menduduki peringkat 1 dunia di kejuaraan catur pada usia 22 tahun. Pada tahun 1996, pecatur asal Rusia ini berhasil mengalahkan komputer Deep Blue milik IBM, meskipun setahun kemudian dia dikalahkan balik dengan komputer catur canggih ini. IQ yang dimiliki Kasparov dikabarkan mencapai 194 poin.

(Sumber: Buku psikolog Richard Lynn)

 Sumber : Sindo /  Editor : Dodi


Ikuti kami di