Harian Haluan

Harianhaluan.com

Harga Tembakau tak Memuaskan, Petani di Pasaman Harapkan Bantuan Pemkab

Harga Tembakau tak Memuaskan, Petani di Pasaman Harapkan Bantuan Pemkab
Petani tembakau 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Petani tembakau yang berada di Jorong Pagaran, Kecamatan Duokoto, Pasaman, membutuhkan akses pemasaran yang layak dan berdaya saing demi menjaga keberlangsungan produksi tembakau kering milik mereka.

"Selama ini hasil yang kami terima sangatlah rendah dan tidak mampu menutupi biaya operasional produksi," kata salah seorang petani tembakau setempat, Ahmad Hiyari (43 tahun), di Jorong Pagaran Nagari Cubadak.

Menurutnya, kapasitas produksi petani daerah itu mencapai kisaran 200 kg/bulan hingga 500 kg/bulan dengan harga jual daun tembakau sebelum dirajang berkisar hanya Rp. 2.500/kilogram.

"Untuk menyiasatinya, kami melakukan pengolahan terhadap daun tembakau tersebut hingga siap pakai dengan cara diperam dan dirajang sebelum dilakukan pengeringan mengandalkan sinar matahari," jelasnya.

Proses pengolahan tersebut, lanjutnya, membutuhkan waktu sekitar satu minggu jika cuaca dalam keadaan sinar matahari yang cukup untuk melakukan penjemuran.

Ia menambahkan, dengan memproduksi tembakau siap pakai tersebut, ia bersama petani lainnya bisa memasang tarif hingga Rp80.000/kilogram.

"Sayangnya, hasil produksi kami sangat sulit menembus pasar yang dikuasai oleh pedagang tembakau daerah lain, meskipun kami mampu memproduksi tembakau siap pakai dengan kualitas sedang," sesalnya.

Ditambahkan petani lainnya, Lisna (31 tahun), jika pihak terkait mampu menyangga kestabilan harga jual komoditi tersebut, ia yakin lahan-lahan kebun tembakau yang sudah ditinggalkan atau dialifungsikan oleh pemiliknya, bisa kembali ditanami kembali.

"Saat ini lahan kebun tembakau yang masih berproduksi hanya tinggal sekitar 5 hektare saja," ujarnya.

Ia berharap, pihak pemerintah daerah bisa memperhatikan dan memberi solusi terkait permasalahan yang mereka hadapi itu, sehingga komoditi yang mereka hasilkan tersebut mampu berdaya saing dipasaran yang tentu saja akan berimbas positif terhadap peningkatan ekonomi keluarga petani tembakau di daerah itu. (h/rul)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : NOVA
Ikuti kami di
BERITA TERKINI