Harian Haluan

Harianhaluan.com

RAR Pasaman Siap Usung Perseorangan di Pilkada

RAR Pasaman Siap Usung Perseorangan di Pilkada
RAR 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Relawan Aspirasi Rakyat (RAR) di Kabupaten Pasaman, bertekad untuk meloloskan pasangan calon dari jalur perseorangan di daerah itu, pada ajang Pilkada 2020 di daerah tersebut.

"Sejak satu bulan terakhir, kami bersama teman-teman relawan sudah berhasil menghimpun sebanyak 10.000 lembar lebih pernyataan dukungan dari masyarakat yang dituangkan dalam formulir B.1 KWK Perseorangan," kata juru bicara komunitas itu, Dasri Mossad, Selasa (21/1) di Lubuksikaping.

Menurutnya, jumlah tersebut sudah mendekati pencapaian diatas 50 persen dari total jumlah dukungan yang dibutuhkan, yakni sebanyak 19.984 pernyataan dukungan dari masyarakat.

Ia menjelaskan, kesulitan terbesar yang dihadapi kelompoknya adalah terkait pengisian formulir yang menurutnya cukup rumit dan membutuhkan waktu lebih lama dalam penyusunannya.

Ditambah lagi, lanjutnya, masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang jalur perseorangan juga menjadi tantangan tersendiri yang membuat tim kerja mereka harus bekerja keras juga untuk mentransfer segala bentuk regulasi terkait tata cara pemilihan kepala daerah.

"Apalagi kami juga masih dalam tahapan melakukan penguatan komunikasi dengan individu tokoh yang akan diusung nantinya, terkait program - program yang akan ditawarkan, format pasangan calon berdasarkan trend minat masyarakat dan strategi pemenangan yang harus massif dan terstruktur nantinya jika pasangan bakal calon yang kami usung berhasil lolos dan menjadi calon kepala daerah," tuturnya.

Ia menambahkan, dengan sisa waktu tenggat menjelang dibukanya tahapan penyerahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan pada 19 hingga 23 Februari mendatang, pihaknya yakin mampu menyelesaikan seluruh persyaratan dengan tepat waktu.

"Kami akan finalkan segera terkait siapa figur pasangan calon yang akan diusung, nantinya pasangan calon tersebut akan menunjuk seorang Liaisson Officers (LO) untuk mengurus semua prosedur penyerahan Surat Pernyataan Dukungan yang sudah ditandatangani lengkap dengan lampiran fotokopi KTP Elektronik dan data softcopy melalui aplikasi SILON ke pihak KOmisi Pemilihan Umum Pasaman," ungkapnya.

Terpisah, petugas helpdesk Komisi Pemilihan Umum setempat, Yoli Ardi, menjelaskan hingga saat ini belum ada pasangan calon jalur perseorangan yang sudah mengutus petugas LO, yakni petugas penghubung dan penanggung jawab pengurusan pasangan calon yang tidak diusung dari jalur partai politik.

"Memang ada beberapa tokoh yang sudah berkoordinasi dengan kami dan saat ini kemungkinan masih menghimpun dukungan sebelum diserahkan untuk dilakukan verifikasi adminsitrasi dan faktual sesuai regulasi yang sudah ditetapkan," katanya. (h/rli)

Reporter : Ruli /  Editor : Heldi
Ikuti kami di