Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

HOAKS! Gadis Bertubuh Ular di Bangkok Thailand

HOAKS! Gadis Bertubuh Ular  di Bangkok Thailand
Gadis ular gemparkan Thailand. (turnbackhoax.id) 

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Beberapa waktu lalu sebuah artikel dengan menampilkan foto seorang gadis bertubuh ular sempat heboh di jagad maya.Muncul pertama kali, dan viral tahun 2014, kemudian Juni 2019, dan kini Januari 2020.
 
Akun Facebook Noraseman Petrozza ikut menyebarkan foto tersebut pada Rabu, 08 Januari 2019. Terlihat pada foto narasi bertuliskan:
"Gadis berusia 8 tahun, Mai Li Fay, dari Bangkok, adalah jauh dari kehidupan yang biasa seorang gadis sebayanya".Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad.
 
Foto anak kecil bertubuh ular itu, berasal dari artikel daring di situs helloworld-ntjsvr6uq-an.a.run.app. Berikut secara lengkap narasi artikel tersebut:
 
"Gadis berusia 8 tahun, Mai Li Fay, dari Bangkok, adalah jauh dari kehidupan yang biasa seorang gadis sebayanya.
 
Setelah ditelusuri oleh tim cek fakta, gadis bertubuh ular tersebut adalah klaim yang salah. Foto gadis bertubuh ular pernah muncul dan viral tahun 2014. Kini, foto tersebut kembali beredar di media sosial.
 
Merujuk situs pemeriksa fakta Hoax Slayer, telah mengklarifikasi bahwa isu tersebut adalah gambar palsu hasil manipulasi digital melalui artikel berjudul "'Thailand Snake Girl’ – Serpentosis Malianorcis". 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia juga telah membantah kisah gadis ular asal Thailand dalam artikel berjudul "[HOAKS] Gadis Ular dari Thailand" dimuat pada 16 Juni 2019. (mdc)

loading...
 Sumber : Medcom.id /  Editor : Dodi

Ikuti kami di