Harian Haluan

Harianhaluan.com

5 Cara Bekerja Sambil Liburan di Luar Negeri

5 Cara Bekerja Sambil Liburan di Luar Negeri
Ilustrasi 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bekerja sambil liburan adalah impian bagi sebagian besar orang. Ada banyak cara untuk menjalani kehidupan tersebut, salah satunya menjadi pekerja lepas seperti yang banyak turis mancanegara lakukan di Yogyakarta dan Bali.

Mencari beasiswa atau kursus singkat di luar negeri juga bisa dilakukan, meski persaingan dan persyaratannya amatlah ketat.

Mampu bercakap dan memahami bahasa Inggris dengan baik adalah persyaratan dasar untuk bekerja di luar negeri. Selain itu visa kerja juga wajib dikantongi.

Kalau menemukan lowongan pekerjaan yang dicari, jangan langsung terlena, karena penawaran yang too good to be true patut dicurigai sebagai penipuan.

Berikut sejumlah cara untuk bekerja sambil liburan di luar negeri:

1. Pengajar bahasa Inggris

Guru bahasa Inggris dibutuhkan di banyak negara berkembang seperti Indonesia, Thailand, atau Korea Selatan.

Jadi kalau memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, silakan cari lowongan pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris dengan nilai kontrak yang menguntungkan.

Jangan lupa menabung selama menjalani kontrak mengajar, sehingga tabungannya bisa digunakan untuk berwisata ke destinasi lainnya.

2. Penjaga rumah, anak, atau lansia

Selain yang berhubungan dengan teknik atau keilmuan, ada juga situs lowongan kerja yang menawarkan pekerjaan sebagai pengurus rumah, pengasuh anak, atau lansia alias au pair.

Silakan cek lowongannya di Trusted Housesitters, Home Exchange, atau House Carers.

Walau terlihat enteng, namun persaingan untuk lowongan pengasuh anak atau lansia biasanya sangat tinggi dan persyaratannya juga sangat ketat. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin.

3. Kerja di kebun

Banyak negara yang mau memperkerjakan turis di ladang atau peternakan mereka. Menjadi petani kiwi atau blueberry sembari liburan tentu saja bakal jadi pengalaman baru.

Jika bekerja di luar ruangan bukan masalah, silakan cari informasi lowongan pekerjaannya melalui situs World-Wide Opportunities on Organic Farms atau pengajuan visa Working Holiday (WH) Kedubes Australia.


4. Kapal pesiar

Selain awak kabin pesawat, menjadi kru kapal pesiar juga memberi kesempatan bekerja sembari liburan.

Silakan cek langsung situs resmi perusahaan kapal pesiar yang dituju untuk mencari lowongan pekerjaan.

Sebagai catatan, bekerja di kapal pesiar memang menyenangkan namun amat melelahkan bagi yang baru memulainya.

5. Jual kemampuan

Situs seperti Craigslist, TaskRabbit, Upwork, atau Gumtree menawarkan lowongan pekerjaan tanpa kontrak kerja yang mengikat.

Istilahnya jika punya kemampuan, kemampuan tersebut bisa diuangkan, seperti mengedit video atau potong rambut.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA
Ikuti kami di