Harian Haluan

Harianhaluan.com

Miris..! Destinasi Wisata Air Terjun Sarosah di Gontiang Luput dari Perhatian Pemerintah

Miris..! Destinasi Wisata Air Terjun Sarosah di Gontiang Luput dari Perhatian Pemerintah
OBJEK wisata Air Terjun Sarosah di Gontiang, sangat menjanjijan jika dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah. IST 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Selain dikenal sebagai penghasil ikan, karet dan padi, ternyata Kabupaten Pasaman juga memiliki banyak destinasi wisata andalan yang dapat mendatangkan pemasukan bagi daerah di Utara Provinsi Sumatera Barat ini.

Seperti objek wisata air terjun Sarosah di Jorong Gontiang, Nagari Languang, Kecamatan Rao Utara.  Meski memiliki keeksotisan tersendiri sehingga wajib dikunjungi para wisatawan disaat libur tiba. Namun, objek wisata satu ini belum terangkat kepermukaan.

Penyebabnya pun banyak. Diantaranya, infrastruktur jalan belum memadai, saran prasarana wisata belum terpenuhi, serta tidak tersedianya anggaran oleh pemerintah daerah setempat untuk mengelola destinasi wisata tersebut.

Padahal jika dikelola dengan baik, Air Terjun Sarosah yang memiliki ketinggian lebih kurang 15 meter ini sangat menjanjikan. Bahkan bisa menghidupkan perekonomian bagi masyarakat sekitar. Namun, hal itu masih jauh dari harapan.

"Betul, air terjun Sarosah memiliki kolam alami dengan air berwarna kebiruan di bawahnya. Seharusnya ini bisa dipasarkan jika pemerintah ada kemauan. Ini salah satu potensi wisata menjanjikan," ungkap salah seorang pemerhati wisata, Firmansyah kepada harianhaluan.com, Rabu (22/1).

Warga setempat, Gora (35) mengatakan, jarak dari Kampung Gontiang ke lokasi air terjun lebih kurang 1 Km. Kondisi jalan kerikil (pengerasan). Sementara dari ibu kota Kabupaten Pasaman, yaitu Lubuksikaping, waktu tempuh sekitar 2 jam.

Akses terdekat menuju lokasi objek wisata Sarosah ini hanya bisa ditempuh lewat Abam, Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan. Untuk sementara hanya bisa dilalui oleh kenderaan roda dua.

"Pasalnya, akses jalan Abam-Gontiang ini putus sepanjang 30 meter, akibat longsor baru-baru ini. Kabarnya, tahun ini ruas jalan itu akan diaspal," katanya.

Objek wisata air terjun Sarosah ini, kata Gora, masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Objek wisata ini belum dilengkapi sarana prasarana penunjang wisata seperti objek wisata umumnya.

"Meski begitu, objek wisata satu ini masih layak untuk dikunjungi loh. Itu, dikarenakan objek wisata air terjun Sarosah ini menawarkan sejuta keindahan," katanya.

Sebagai informasi, objek wisata satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan berbagai komunitas pecinta alam setiap libur akhir pekan. Kawasan objek wisata ini juga menarik untuk dijadikan sebagai spot berswa photo. (h/yud)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi
Ikuti kami di