Harian Haluan

Harianhaluan.com

Tingkatkan Produksi Pertanian, Pemkab Pessel Upayakan Bantuan Kementerian Pertanian

Tingkatkan Produksi Pertanian, Pemkab Pessel Upayakan Bantuan Kementerian Pertanian
Bupati Pessel, Hendrajoni 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – SBerbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Pessel untuk meningkatkan produksi pertanian. Salah satunya dengan bantuan dari Kementerian Pertanian.

“Saat ini kita tengah melakukan pendekatan dengan Kementerian Pertanian agar bisa mendapatkan bantuan tersebut,” kata Bupati Pessel, Hendrajoni, Rabu (22/1).

Tahun 2020 ini, kata Hendrajoni, Pemkab Pessel menargetkan 402 ribu ton produksi pertanian. “Target ini naik 42 ribu ton dibandingkan tahun 2019 lalu yang hanya 360 ribu ton,” sebutnya lagi.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan perkebunan setempat, Nuzirwan menyebut, untuk mencapai target  ini, pihaknya akan melakukan berbagai upaya mulai penguatan kelembagaan petani, peningkatan kemampuan petani, hingga penanganan dini jika terjadi serangan hama.

“Tahun 2019 lalu, produksi padi Pessel sebanyak 5,4 ton perhektare. Untuk memenuhi target 2020, tentu angka ini harus dinaikan,” katanya lagi.

Untuk mewujutkannya dibutuhkan gerakan yang komprehensif tidak hanya dari kabupaten, namun juga Penyuluh Pertanian Kecematan (PPK) hingga petani

Tahun 2019 lalu, tambah Nuzirwan, Pemkab Pessel telah menggelontorkan bantuan 259 Alsinta senilai Rp8 miliar. (h/efz)

 

Reporter : Efrizal /  Editor : Heldi


Ikuti kami di