Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ada Aliran Dana Rp1,4 M di Rekening Raja Keraton Agung Sejagat

Ada Aliran Dana Rp1,4 M di Rekening Raja Keraton Agung Sejagat
Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) tersangka penipuan kasus Keraton Agung Sejagat di Purworejo.  

SEMARANG, HARIANHALUAN.COM - Polda Jawa Tengah (Jateng) terus mengembangkan kasus penipuan Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Dalam pemeriksaan lanjutan, penyidik Ditreskrimum Polda Jateng mendalami aliran dana milik Toto Santoso dan Fanni Aminadia.

Direskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Budi Haryanto menjelaskan, tanggal 13 Desember 2019 ada uang masuk sebesar Rp1,4 miliar di salah satu rekening Toto. Namun, uang itu langsung diserahkan ke ratu.

"Yang jelas setiap pengumpulan daya untuk kegiatan dikumpulkan semua sama ratu," ujar Budi, Selasa (21/1/2020).

Polisi masih mendalami, apakah dana tersebut terkait kasus penipuan Keraton Agung Sejagat atau tidak. Pasalnya Toto juga tercatat memiliki utang Rp1,3 miliar ke salah satu bank di Jakarta sebelum kasus penipuan ini terbongkar.

Selanjutnya polisi akan memeriksa sepuluh orang kepercayaan ratu dan raja dalam menghimpun dana. Hingga saat ini kedua tersangka masih tidak terbuka soal pembagian dana iuran dari pengikutnya.

"Pembagian misalnya ada sisa berapa. Nah dibagi berapa itu mereka belum mau ngomong," katanya.

Polda Jateng resmi menetapkan Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) sebagai tersangka pada Rabu (16/1/2020). Keduanya dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Penyebaran Berita Bohong. (h/inews)

 Sumber : Inews /  Editor : Heldi


Ikuti kami di