Harian Haluan

Harianhaluan.com

APBD Menipis, Pembangunan Kantor Camat Padang Timur Ditunda

APBD Menipis, Pembangunan Kantor Camat Padang Timur Ditunda
Camat Padang Timur, Ances Kurniawan saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (22/1/2020). 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menipisnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020, memaksa Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengencangkan ikat pinggang. Imbasnya, proyek pembangunan Kantor Camat Padang Timur ditunda. Bahkan hingga 2021 mendatang, pembangunan tersebut urung dilaksanakan.

Camat Padang Timur, Ances Kurniawan menegaskan, untuk tahun ini Pemerintah Kota Padang masih melakukan lanjutan pembangunan Kantor Camat Padang Barat. Sementara pada 2021 giliran Kantor Camat Padang Selatan yang akan diperbaiki.

"Apalagi ditambah APBD kita tahun ini tersedot untuk pembiayaan kegiatan berskala nasional," ujar Ances saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (22/1/2020).

Selain permasalahan ketidaktersediaan anggaran, Ances membeberkan, pembangunan Kantor Camat Padang Timur juga terhalang masalah lahan. Sebab kondisi Padang Timur sudah dipadati oleh bangunan, dan rumah masyarakat. Setidaknya untuk membangun kantor baru dibutuhkan lahan 2.500 meter.

"Lahan dibutuhkan 2.500 meter dengan kebutuhananggaran sekitar Rp5 miliar hingga Rp8 miliar. Harga tanah di Padang Timur sangat mahal, paling murah Rp1,5 juta per meter," sebut Ances.

Ances mengungkapkan, kondisi Kantor Camat Padang Timur sudah tidak layak, jika dibandingkan sepuluh kantor camat yang ada di Kota Padang. Kantor camat masih belum bertingkat dan hanya berdiri diatas tanah seluas lebih kurang 450 meter.

"Kami berharap pembangunan Kantor Camat Padang Timur dapat segera terealisasi, agar pelayanan yang diberikan kepada sekitar 76 ribu warga kecamatan Padang Timur bisa lebih maksimal," ungkapnya. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna
Ikuti kami di