Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Tinjau Lokasi Banjir di Kamang Baru, Polres Sijunjung Minta Dinas PUPR Siagakan Alat Berat

Tinjau Lokasi Banjir di Kamang Baru, Polres Sijunjung Minta Dinas PUPR Siagakan Alat Berat
Kapolres Sijunjung AKBP Driharto S.IK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Sijunjung Ny.Ratna Driharto menyerahkan bantuan dari Polres Sijunjung dan Bhayangkari Daerah Sumbar melalui Bahayangkari Cabang Sijunjung, Kamis (23/1/2020) di Posko Bencana Kiliran Jao Kecamatan Kamang Baru. FOTO/Ogi 

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Polres Sijunjung bersama jajaran beserta Bhayangkari Daerah Sumbar melalui Bahayangkari Cabang Sijunjung meninjau lokasi banjir di beberapa titik di Kecamatan Kamang Baru. Rombongan dipimpin langsung Kapolres Sijunjung AKBP Driharto .S.IK dan ketua Bhayangkari Ny. Ratna Driharto.

"Hari ini kita melaksanakan rangkaian kegiatan memberikan bantuan ke lokasi pasca banjir di Kecamatan Kamang Baru sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang terdampak dari musibah bencana alam tersebut dengan melibatkan personil dan Bhayangkari termasuk bantuan dari Bhayangkari Daerah Sumbar," kata Kapolres Sijunjung usai melakukan peninjauan dan bantuan kepada korban banjir di Kiliran Jao Kecamatan Kamang Baru, Kamis (23/1/2020)

Driharto menambahkan bantuan yang disalurkan berupa uang tunai, beras, air mineral, minyak goreng, susu dan mie instan serta biskuit.

"Ini merupakan wujud kepedulian Polri kepada masyarakat yang terkena musibah, mudah mudahan bantuan yg kami berikan bisa membantu meringankan beban mereka dan memberikan semangat agar dampak yang ditimbulkan akibat musibah ini dapat berkurang," ujarnya.

Kapolres juga meminta bantuan kepada dinas PUPR kabupaten Sijunjung agar menyiap siagakan alat berat di kawasan longsor di Kecamatan Kamang Baru yang sempat membuat jalan lintas Sumatera macet total untuk antisipasi jika seandainya ada longsor susulan.

"Kita sudah koordinasi dengan dinas terkait seperti dinas PUPR Sijunjung agar menyiagakan alat berat dilokasi jalan lintas sumatera yang tertimbun longsor kemarin untuk antisipasi longsor susulan serta keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari cabang Sijunjung Ny.Ratna Driharto didampingi Ketua Ranting Bahayangkari Kamang Baru Hilda Efriadi menghimbau para kaum ibu yang menjadi korban banjir agar sabar menghadapi musibah dan tetap waspada terhadap musibah.

Sementara itu, Wali Nagari Muaro Takung Iswadi didampingi ketua KAN Parizal Dt. Bagindo Sutan mengatakan bahwa daridata yang diperoleh terdapat 170 KK yang terdampak banjir dan longsor di Kenagarian Muaro Takung Kecamatan Kamang Baru.

"Daerah yang paling parah terkena musibah yakni Dijorong Koto Lamo, dimana satu rumah warga hanyut terbawa arus sungai Batang Takung dan terendam air setinggi tiga meter," ujarnya.

Iswadi menuturkan bahwa saat ini dapur umum dari dinas Sosial Kabupaten Sijunjung dan dibantu relawan telah didirikan semenjak bencana melanda dan logistik sert bantuan yang datang ke posko bencana telah disalurkan kepada warga yang terdampak bencana.

"Alhamdulillah saat ini warga sudah kembali kerumahnya masing masing dan warga yang rumahnya hanyut tersapu banjir menumpang dirumah sanak familynya dan tidak ada warga yang tinggal ditenda," tambah Iswadi.

Namun, warga juga saat ini masih waspada dan siaga jika seandainya terjadi banjir susulan mengingat cuaca saat ini masih hujan. ( h/ogi)

Reporter : Ogi /  Editor : Milna
Ikuti kami di