Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

Ngeri..! Wuhan China Bagai Kota Zombie, Orang-Orang Seketika Jatuh di Jalanan

Ngeri..! Wuhan China Bagai Kota Zombie, Orang-Orang  Seketika Jatuh di Jalanan
Pemandangan mengerikan di kora Wuhan China. Orang-orang  banyak  jatuh tak sadarkan diri di jalan-jalan.  dok Foto/Instagram/Daily Mirror 

BEIJING,HARIANHALUAN.COM-Rekaman kamera menunjukkan pemandangan mengerikan di kora Wuhan China. Orang-orang  banyak  jatuh tak sadarkan diri di jalan-jalan. 

Para korban terlihat berbaring tak bergerak di tanah di kota yang telah diisolasi menyusul menyebarnya wabah virus korona.

2019-nCoV adalah nama sementara untuk virus korona jenis baru yang telah menginfeksi lebih dari 1.300 orang dan menyebabkan 41 orang meninggal dunia sejak mewabah di Wuhan pada akhir tahun lalu.

Dalam beberapa waktu terakhir, klip-klip video telah di-posting di Instagram, menunjukkan petugas medis yang mengenakan pakaian khusus hazmat dan masker sedang merawat seorang pria yang mengenakan setelan jas. Pria itu tampak terbaring telungkup dengan orang-orang di sekitarnya menyaksikan.

Pada hari ini, foto-foto di Instagram juga memperlihatkan seorang menunjukkan seorang pria berbaring telentang di luar sebuah toko sementara seorang petugas medis mengenakan pakaian hazmat berdiri di atasnya.  Demikian diwartakan Mirror, Sabtu (25/1/2020).

Saksi mata mengklaim korban, yang mengenakan topeng pelindung, kehilangan kesadaran dan pingsan saat mengantre untuk mendapatkan dokumen.

Adegan mengerikan itu disaksikan oleh enam orang yang mengenakan masker putih.

Ancilla Delai, seorang siswa dari Papua Nugini yang belajar di kota itu, mengatakan situasi di Wuhan sangat menegangkan, terutama setelah larangan meninggalkan kota diberlakukan.

"Jalanan kosong, tidak ada orang. Mereka semua tinggal di rumah seperti yang disarankan," katanya melansir ABC Australia.

"Saya khawatir karena virus ini bisa ditularkan dari orang ke orang. Sedangkan Wuhan sendiri adalah kota dengan populasi besar." ungkapnya.

Populasi penduduk di Wuhan mencapai 11 juta jiwa. Kota ini telah diisolasi, dan layanan semua transportasi telah dihentikan pasca-serangan virus koruna.

Daniel Pekarek, pelajar dari Republik Ceko di Universitas Wuhan mengatakan situasi darurat ini seperti cerita di film Resident Evil yang.menceritakan warga di sebuah kota fiktif yang terkena virus dan mengubah mereka menjadi zombie.

"Turut berdukacita. Kita adalah para aktor di film Resident Evil sekarang," tulisnya dari Wuhan di Facebook.

Hingga kini, kurang lebih 18 juta orang yang tersebar di kota Wuhan, Huanggang dan Ezhou tidak diizinkan meninggalkan ketiga kota itu.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan jumlah kasus infeksi virus korona jenis baru di negara itu menjadi 830 kasus, dan menyebabkan 25 kematian, dan 8.420 kasus “kontak jarak dekat”. (*)

 Sumber : Sindo /  Editor : Dodi
Ikuti kami di