Harian Haluan

Harianhaluan.com

Moms.., Ini Tips Membuat Mi Sendiri, Kenyal dan Enak

Moms.., Ini Tips Membuat Mi Sendiri, Kenyal dan Enak
Ilustrasi 

LIFESTYLE, HARIANHALUAN.COM - Siapa Bunda dan keluarga penyuka sajian mi? Jika selama ini sering bikin hidangan dari mi instan atau mi telur, gimana kalau mencoba bikin sendiri adonan mi yang bisa diolah dari mi bikinan sendiri.

Seperti disampaikan Agit, pemilik warung ayam Pak Uban Bekasi, Bunda bisa bikin mi sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan pun mudah.

Kata Agit, Bunda hanya butuh 1 kg terigu, 1 butir telur, dan garam 1 sdt. Kemudian, aduk rata. Agit menyarankan pakai garam kasar, Bun, jangan yang halus.

"Kemudian tambahkan pengenyal makanan STTP dan diuleni sampai kalis," ujar Agit, saat ngobrol dengan HaiBunda.

Kemudian, cetak dengan cetakan ampia, Bun, dengan dijadikan bentuk mi. Agit mengingatkan giling adonan mi jadi beberapa kali dan merata.

"Sambil digiling, dibaluri juga dengan terigu ya supaya enggak lengket dan kenyal. Kalau sudah selesai tambahi tapioka biar kering adonan mi-nya," ujar Agit.

Terus, tinggal digulung-gulung, Bun. Karena. cuma pakai bahan alami, maksimal menyimpan mi yang mentah tiga hari di tempat sejuk dan enggak kena matahari langsung.

Dalam keseharian, kadang ada anak yang cuma mau makan mi. Sehat enggak ya ini? Kata dr.Liza Meilany, Sp.A, yang praktik di RS Permata Depok, anak baiknya enggak sering makam mi. Apalagi jika mi instannya dimakan tanpa tambahan sayur dan sumber protein.

"Tentunya tidak baik untuk memakan bahan makan yang sama terus menerus, apalagi makannya mi instan yang terbuat dari tepung terigu. Di mana mi itu adalah sumber karbohidrat yang sudah diolah, jadi kandungan seratnya yang sudah rendah dibanding nasi," terang Liza.

Kata Liza, anak sesekali makan mi instan enggak apa-apa. Yang penting jangan sampai berlebihan. Agar lebih sehat, untuk bumbu mi-nya, kita bisa membuat sendiri. Kalau Bunda mau bikin mi sendiri pun boleh banget.(*)
 

 Sumber : haibunda /  Editor : NOVA


Ikuti kami di