Harian Haluan

Harianhaluan.com

Home »

pemda

Komisi I DPRD Agam Bahas Ranperda Narkotika Bersama Tim Kumham Sumbar

Komisi I DPRD Agam Bahas Ranperda  Narkotika Bersama Tim Kumham Sumbar
Pembahasan Raperda Narkotika dilaksanakan Komisi I DPRD Agam bersama Tim Kumham Sumbar. IST 

AGAM,HARIANHALUAN.COM-Penyalahgunaan narkotika di Indonesia telah sangat memprihatinkan dan merugikan bangsa dan negara baik dari sisi moril maupun materil, bahkan telah merenggut banyak korban jiwa, terutama di kalangan generasi muda penerus bangsa, yang jika dibiarkan akan sangat membahayakan kehidupan bangsa dan negara. 

"Sampai saat ini permasalahan terkait narkotika belum mampu ditangani dengan baik dan cenderung mengalami peningkatan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal ini dikarenakan tindak pidana narkotika dilakukan dengan menggunakan modus operasi yang hebat, teknologi canggih, didukung oleh jaringan organisasi yang luas,”  ungkap Mardisal Athan Anggota Komisi 1 DPRD Agam.

Menyikapi permasalahan narkotika di Indonesia khususnya di kabupaten Agam,  kata Athan, Komisi 1 DPRD Kabupaten Agam menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranerda) “Fasilitasi Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika” 

Dalam rangka  itu pada Jumat (24/01/2020) Anggota Komisi I DPRD Agam yaitu Syaflin, SHI, (Ketua Komisi I), Zulfahmi, SH, M.Kn, (Wakil Ketua Komisi I), Syafrizal, (Sekretaris Komisi I), Mardisal Athan , Rinal Wahyudi, SH, Zulhendrif Bandaro Labiah, SH, SpN, Guswardi, Feri Ardianto, MM, Syafril, SE melaksanakan pembahasan Ranperda Narkoba bersama dengan TIM Kumham provisi Sumatera Barat di Padang.

Selain Anggota Komisi 1 Turut hadir dalam pembahasan adalah Ketua DPRD Agam yaitu Novi Irwan,S.Pd,MM dan Sekwan Indra Dt. Baradai.

Dalam pembahasan Ranperda Narkoba bersama dengan TIM Kumham provisi Sumatera Barat di Padang Komisi 1 antara lain :

Merumuskan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan masyarakat  terkait dengan Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika di Kabupaten Agam; Merumuskan kedudukan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika sebagai dasar pemecahan masalah yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Agam; Merumuskan pertimbangan atau landasan filosofis, sosiologis, yuridis pembentukan rancangan Peraturan Daerah berkaitan dengan Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika; dan Merumuskan sasaran  yang  akan  diwujudkan,  ruang  lingkup pengaturan, jangkauan, dan arah pengaturan rancangan Peraturan Daerah berkaitan dengan Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.(*)

 Editor : Dodi
Ikuti kami di