Harian Haluan

Harianhaluan.com

Sedih..! Neneng, si Gajah di Kebun Binatang Medan Mati

Sedih..!  Neneng, si Gajah di Kebun Binatang Medan Mati
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution melihat proses autopsi gajah mati di Medan Zoo, Medan, Sumatera Utara, Sabtu, 25 Januari 2020. Foto : VIVAnews/Putra Nasution 

MEDAN,HARIANHALUAN.COM- Seekor gajah koleksi Taman Margasatwa Medan (Medan Zoo) mati, Sabtu (25/1). Pihak terkait masih menyelidiki penyebab pasti kematiannya.

Gajah yang mati diketahui bernama Neneng. Usianya diperkirakan 55 tahun. "(Matinya) tadi sekitar pukul 10.20 Wib," kata dokter hewan Medan Zoo, Sucitrawan, Sabtu (25/1) sore.

Neneng mati di tempat perawatan yang ada di Medan Zoo. Sucitrawan mengatakan, gajah ini sempat mendapat perawatan setelah menunjukkan perilaku tidak biasa.

"Gejala awalnya, Neneng nggak mau makan, agak lemah, kita rawat kita infus terus kasih vitamin dan antibiotik," jelasnya.

Begitupun, Sucitrawan belum dapat memastikan penyebab kematian Neneng. Dugaan sementara, gajah itu mati karena faktor usia.

Untuk memastikan penyebab matinya Neneng, pihak Medan Zoo melakukan nekropsi atau autopsi untuk binatang. Proses itu berlangsung di Medan Zoo, Simalingkar B, Medan. "Kita baru bongkar (nekropsi) ini," ucapnya.

Nekropsi terhadap Neneng dilakukan sejumlah dokter hewan. Selain tim dari Medan Zoo, pihal Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) juga hadir di sana. (mdk)

 Sumber : Merdeka /  Editor : Dodi
Ikuti kami di