Logo Harianhaluan

Jadi Ancaman Dunia, Sebenarnya Apa Penyebab Virus Corona?

Jadi Ancaman Dunia, Sebenarnya Apa Penyebab Virus Corona?
Korban berjatuhan, apa sebenarnya penyebab virus corona? 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona 2019-NcoV menjadi momok yang ditakuti dunia saat ini. Selain belum ada vaksin untuk virus ini, korbannya pun sudah mencapai 1.000 orang dirawat dan 58 orang meninggal.

Baca Juga : Letusan Gunung Semeru, Arus Pengungsi Sudah Capai 550 Warga

Bahkan salah satu dokter yang menangani virus corona juga meninggal. Sebenarnya apa penyebab dari virus corona ini?

Belum bisa dipastikan, tetapi para peneliti menduga virus ini berasal dari hewan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa hewan yang disebut sebagai penyebab virus corona.

1. Ular
Peneliti dalam jurnal Medical Virology melaporkan kemungkinan ular jadi asal mula adanya virus corona ini. Spesifiknya adalah ular kobra (Naja atra) dan Krait (Bungarus multicinctus).

Baca Juga : Buru KKB Pimpinan Ali Kalora, Mabes TNI Kerahan Pasukan Khusus

Peneliti mengetahuinya dengan memeriksa protein pada virus yang mengenali sel inang. Ini merupakan petunjuk penting karena dapat menjelaskan bagaimana virus dapat berpindah dari ular ke manusia.

Ular kobra dan krait adalah dua jenis ular berbisa yang banyak dijual di pasar hewan kota Wuhan, China. Bahkan kedua jenis ular ini kadang dijual untuk dikonsumsi.

2. Kelelawar
Kelelawar buah diduga menjadi inang dari virus corona yang menyebabkan penyakit SARS (sindrom pernapasan akut berat). Kemampuannya dalam bermigrasi membuat kelelawar sebagai inang yang potensial untuk menyebarkan virus ke berbagai daerah.

3. Unta
Unta merupakan hewan yang disebut sebagai sumber virus corona penyebab MERS-CoV (middle east respiratory syndrome coronavirus). Oleh karena itu Kementerian Kesehatan RI sering mewanti-wanti agar para jemaah haji untuk berhati-hati dalam menjaga jarak aman saat berinteraksi dengan unta.

Baca Juga : Giliran Gunung Semeru Melutus Hari Ini

4. Musang
Musang jadi hewan yang diduga peneliti sebagai penyebar virus corona penyebab SARS, selain kelelawar. Musang disebut bisa menjadi perantara bagi virus corona yang berasal dari kelelawar sebelum menyerang manusia. (h/dtk)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi
Follow Social Media Kami
Tag :
News