Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

Ihh Geli..!  Ular Kobra Masuk  Kamar Tidur Warga

Ihh Geli..!  Ular Kobra Masuk  Kamar Tidur Warga
Seekor ular kobra yang ditangkap warga di Citayam Bogor. Foto: Faisal Javier Anwar/detikcom 

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Teror ular di pemukiman warga yang sempat meresahkan beberapa waktu lalu, kini muncul kembali di Bogor bahkan sempat masuk dalam kamar rumah warga.

Masyarakat pun diminta waspada. Salah satu yang paling diantisipasi yakni ular kobra.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor pun mencatat, ada empat kasus evakuasi hewan melata, ular, sepanjang Januari. Kejadiannya terjadi di rumah-rumah penduduk yang berlainan.

Sebut saja, ular kobra yang sempat meresahkan keluarga Prabudimo di Kelurahan Curug Mekar, Bogor Barat.

Baca Juga : Pemprov 'Parkir' Dana Rp 170 T di Bank, Jokowi: Pemda Jangan Nge-rem Belanja
Baca Juga : Tips Aman WFH dari Serangan Siber


Ular kobra itu masuk ke dalam kamar tidur dan sempat membuat keluarga beranggotakan empat orang itu terkejut. Satu ular itu berhasil diamankan tanpa ada satu pun korban luka.

Ular yang lebih besar pernah menghebohkan warga kampung Rambutan, Kelurahan Sempur. Meski bukan jenis kobra, ular Kopi itu mencapai panjang sekitar satu meter dengan diameter 3 centimeter. Tentu saja, hewan liar yang masuk ke dalam rumah milik Tati terpaksa dievakuasi tim TRC BPBD Kota Bogor.

Kabid Damkar Kota Bogor, Marse Hendra menyebutkan, sebanyak empat ekor ular juga ditangani timnya selama Januari. Itu berdasarkan laporan dan permintaan warga yang sampai ke meja personel damkar.

“Pastinya kita juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang non kebakaran, termasuk penanganan hewan buas,” tuturnya,  dilansir radarbogor.id Jumat ini.

Menurutnya, maraknya ular yang mendatangi rumah-rumah penduduk dipengaruhi habitat ular yang sedikit terusik.

Hewan-hewan berdarah dingin itu pada prinsipnya mencari tempat yang nyaman dan punya persediaan makanan. Hanya saja, hewan liar seperti ular pun takkan langsung menyerang manusia.

“Pada dasarnya ular tidak pernah mengejar manusia. Mereka akan menyerang apabila terancam,” imbuhnya lagi.

Beruntung, tak ada korban jiwa selama penyelamatan yang dilakukan pihak Damkar. Masyarakat tetap diimbau segera melaporkan jika melihat hewan-hewan liar tersebut berkeliaran dan meresahkan sekitar. *

 Sumber : Radar Bogor /  Editor : Dodi
Ikuti kami di