Harianhaluan.com | Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat

Harianhaluan.com

Home »

ekbis

Imbas Virus Corona, Pedagang Bawang Putih di Padang Mulai Merana

Imbas Virus Corona, Pedagang Bawang Putih di Padang Mulai Merana
Ist 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Merebaknya virus Corona yang terjadi di Wuhan, China atau yang dijuluki Negeri Tiarai Bambu, mempengaruhi harga barang putih impor ke Indonesia. Pasalnya selama ini China mengimpor bawang putih ke Indonesia, akibatnya berdampak pada pedagang dan masyarakat.

Salah seorang pedagang enceran bahan pokok di Pasar Raya Padang, Vera mengatakan, kenaikan harga bawang putih ini sudah terjadi selama satu Minggu. Biasanya harga bawang putih Rp26 ribu per kilogram (kg), tapi sekarang sudah Rp50 ribu/kg.

"Susah menjualnya karena harga mahal, banyak konsumen bertanya-tanya, kenapa harga bawang putih naik. Namun setelah saya jelaskan, karena ada virus Corona, akhirnya mereka memahaminya," kata Vera, Jumat (7/2/2020).

Sedikit berbeda dengan Anton, pedagang grosir. Menurut Anton, kenaikan harga bawang putih masih wajar, karena stok bawang putih di Sumbar sudah mulai berkurang.

"Bawang putih yang ada ini, saya beli dari Medan sebanyak 32 ton setiap bulan, saya menjualnya 8 ton setiap minggu dengan harga Rp48 ribu perkg. Sementara untuk kebutuhan bulan ini masih tercukupi," kata Anton.

Terkait dengan solusi mengatasi persoalan kenaikan harga bawang putih ini, Pemprov Sumbar melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat, sudah menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini kebagian distribusi Kementrian Pertanian.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pemerintah pusat. Hasilnya jika memang ada kelangkaan atau kenaikan harga bawang putih, maka dipersilahkan pemprov Sumbar membuat dan melayangkan surat. Nantinya akan ada dropping pasokan tambaan.

"Jadi ini, terjadi kenaikan. Tadi kita melalui dinas ketahanan pangan, kita sudah komunikasikan dengan pusat bahwa, jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga, silahkan Provinsi buat surat saja. Diminta, nanti akan di droping," tukasnya. (*)

 Editor : Milna
Ikuti kami di