Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ada-ada Saja, Nekat Naik Gunung Es Pakai Celana Training, Pendaki Terpaksa Dievakuasi

Ada-ada Saja, Nekat Naik Gunung Es Pakai Celana Training, Pendaki Terpaksa Dievakuasi
Ilustrasi badai salju (Reuters) 

GLASGOW, HARIANHALUAN.COM -- Ada-ada saja kelakuan empat pendakiini. Nekat naik gunung es pakai celana training, keempatnya terpaksa dievakuasi karena badai salju.

Mendaki gunung memerlukan perlengkapan yang memadai dan kesiapan yang matang. Tapi, empat pendaki yang mencoba mendaki Gunung Ben Nevis di Skotlandia malah nekat mendaki gunung es tersebut dengan celana training saja.

Kondisi pun diperparah dengan terjadinya Badai Ciara yang membuat temperatur kian jatuh seperti diberitakan media Daily Mail.

Beruntung, tim penyelamat Lochaber Mountain Rescue bergerak cepat untuk menyelamatkan keempat pendaki yang kurang persiapan itu. Ketika ditemukan, keempat pendaki itu diketahui tengah diterpa badai es hingga minus 20 derajat celcius.

Dengan melacak sinyal dari ponsel mereka, keempat pendaki yang terpisah itu pun berhasil diselamatkan di tengah badai es nan dahsyat. Ada sekitar 22 orang dari regu penyelamat yang diterjunkan dalam operasi penyelamatan itu.

"Mereka adalah orang yang sangat beruntung. Tanpa membawa pakaian dan peralatan mendaki di salju dan lainnya juga peta. Jika mereka terpeleset dan jatuh, konsekuensinya bisa lebih parah," ujar salah satu tim penyelamat.

Setelah berjuang melacak keempat pendaki dan mengarungi badai salju, keempatnya berhasil dievakuasi dan dirawat lebih lanjut di Rumah Sakit Belford di Fort William.

Kejadian itu pun jadi contoh, bagaimana perlunya kesiapan matang untuk mendaki gunung. Di gunung, lalai dapat berakibat hilangnya nyawa. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna
Ikuti kami di