Harian Haluan

Harianhaluan.com

Dua Alber Dikerahkan Bersihkan Material Longsor di Pessel

Dua Alber Dikerahkan Bersihkan Material Longsor di Pessel
Petugas PU-PR bersama BPBD Pessel, menurunkan dua alat berat ke lokasi yang terdampak longsor di Kecamatan Bayang. 

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan mengerahkan dua alat berat ke lokasi yang terdampak longsor di Kecamatan Bayang, Sabtu (15/2) kemarin.

"Dua alat berat ini jenis excavator dan loader kami kerahkan untuk membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga dan sejumlah titik lainnya. Alhamdulillah, kami bersama BPBD, kecamatan dan masyarakat telah berhasil membersihkan material longsor di Lereng Bukit Gunung Cerek," ujar Kabid Bina Marga, Digdian Budiman.

Sementara itu, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, Zulfian Aprianto bersama Camat Bayang, Ilham Saputra juga menyerahkan bantuan sembako kepada korban terdampak tanah longsor.

Sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pesisir Selatan, sejak Jumat (14/2), mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik, bahkan longsor yang terjadi dikabarkan turut menimbun rumah warga di Kecamatan Bayang.

Informasi yang dihimpun Haluan, akibat hujan lebat tersebut sedikitnya 5 rumah warga terkena dampak longsor, yakni Asril (65) warga Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang, Siti Afrida (51), Bukit Putuih, Kenagarian Talaok, Hendri Eka Putra (48) warga Kampung Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, dan Datuk Medan (56) warga Kampung Putih, Kenagarian Gurun Panjang Selatan.

Anwar selaku pemilik rumah yang tertimpa longsor menyebutkan, akibat kejadian itu dua kamar rumahnya pada bagian belakang dan dua unit sepeda motorya turut tertimbun longsor."Longsornya terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Pak. Saat itu hujan lebat disertai petir. Satu motor Smash dan Trabas dan dua kamar bagian belakang rumah saya tertimbun tanah," kata Anwar dengan mata berkaca-kaca di didampingi anaknya, Andi. (*)

Reporter : Okis /  Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di