Harian Haluan

Harianhaluan.com

Di Hadapan Warga Pasa Gadang, Mahyeldi Singgung soal Pembinaan Generasi Muda

Di Hadapan Warga Pasa Gadang, Mahyeldi Singgung soal Pembinaan Generasi Muda
Usai subuh mubarakah di Pasa Gadang, Wako Mahyeldi berbaur dengan jamaah yang menggelar senam di halaman Masjid. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kegiatan subuh mubarakah di Masjid Darussalam Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan diikuti ratusan jamaah, Minggu (16/2/2020). Kegiatan tersebut diawali dengan shalat berjamaah dan ceramah oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Rangkaian subuh dilanjutkan dengan senam bersama di halaman masjid, kemudian memeriksa kesehatan gratis dari tim Puskesmas setempat.

Mahyeldi dalam tausiyahnya mengingatkan tentang keimanan. Keimanan menuntun manusia menuju kesuksesan dunia dan akhirat. Sebab, keimanan akan mewujudkan sikap taat, disiplin, dan tidak menyimpang dari ketentuan-ketentuan yang menjadi norma.

"Karena iman akan menjadikan kita manusia yang taat kepada Allah. Iman membuat kita lebih disiplin dalam hidup ini sehingga mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat," kata Mahyeldi.

Lebih lanjut, Mahyeldi juga menyinggung tentang pembinaan generasi muda. Bahwa mempersiapkan generasi yang kuat adalah tanggung bersama. Hal itu wajib karena merupakan perintah Allah dalam Al Quran.

"Takutlah kamu jika meninggalkan generasi sesudah kamu, generasi yang lemah atau memiliki kelemahan-kelemahan di semua sisi. Untuk itu mari berikan perhatian kepada anak- anak kita agar mendapatkan pendidikan berkualitas, kesehatan berkualitas dan kegiatan positif serta pendidikan agama yang kuat," ujar Mahyeldi.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga mengingatkan warga Pasa Gadang yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai Batang Arau agar tidak membuang sampah ke sungai. Akibat perilaku tersebut menyebabkan sungai kotor dan tercemar sedangkan sampahnya akan menumpuk di pantai.

"Jagalah kebersihan lingkungan. Jangan membuang sampah ke sungai karena menyebabkan sungai kotor dan sampah menumpuk di pantai," tegasnya.

Dalam kegiatan Subuh Mubarakah ini hadir pemangku wilayah, Camat Padang Selatan Teddy Antonius beserta para lurah di jajarannya.

Teddy Antonius kembali menegaskan yang disampaikan walikota terkait menjaga lingkungan bersih. Warga agar tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke sungai.

"Karena Pasa Gadang dekat dengan sungai, warga diminta untuk menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah ke sungai," ulasnya.

Teddy juga menambahkan, kegiatan Subuh Mubarakah di Kecamatan Pasang Selatan rutin dilaksanakan setiap Ahad. Sudah beberaa kali dihadiri langsung oleh Walikota Padang.

"Subuh mubarakah merupakan program Pemerintah Kota Padang. Di Padang Selatan terus kita laksanakan di masjid – masjid yang telah dijadwalkan. Beberapa kali Bapak Walikota langsung menghadiri, bertindak senagai imam dan memberikan tausiyah," bebernya. (*)

 Sumber : Rilis /  Editor : Milna
Ikuti kami di