Harian Haluan

Harianhaluan.com

Ratusan Pelamar CPNS Basarnas Ujian SKD di Kantor BKN Padang

Ratusan Pelamar CPNS Basarnas Ujian SKD di Kantor BKN Padang
Registrasi peserta ujian CPNS Basarnas. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ratusan orang pelamar yang berasal dari seluruh Indonesia menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Minggu (16/2). Ujian kali ini digelar di kantor Regional Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Padang dan berlangsung selama sehari.

Kepala Basarnas Padang, Asnedi menjelaskan, sekitar 242 pelamar datang ke kantor BKN pada Minggu pagi. Dia menyebut, banyak peluang yang bisa didapatkan para pelamar karena cukup banyak formasi dibuka pada tahun ini. Yang terbanyak adalah rescuer dan ABK (Anak Buah Kapal). "Selain itu, peserta yang penempatannya di daerah lain juga difasilitasi untuk melaksanakan ujian tersebut di Padang," jelas Asnedi. 

Sementara itu, Edit Purwanto dari Biro Hukum dan Kepegawaian Basarnas Pusat yang datang langsung mengikuti jalannya ujian bersama dengan tim dari BKN Pusat menyampaikan tata cara saat ujian. Sebelum masuk di ruang ujian, peserta harus melakukan registrasi, kemudian disterilkan di ruang aula lantai dua kantor BKN karena lokasi ujian di lantai dua.

"Setelah itu dilakukan pemeriksaan badan (body checking). Para pemeriksa ini, baik itu pria dan wanita perempuan dilengkapi dengan Handheld Garreth metal detector untuk mengecek jika peserta membawa barang yang tidak diperbolehkan dalam lokasi tes," jelas Edit. 

Kemudian, para peserta juga dibekali petunjuk-petunjuk cara mengoperasikan komputer untuk mengikuti test SKD tersebut. Ada tiga tes yang dilakukan dan sama dengan tes-tes CPNS lainnya meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan passing grade 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan PG 70 dan Tes Kriteria Pribadi (TKP) dengan PG 126 dengan nilai kumulatif 260. (*)

 Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di