Harian Haluan

Harianhaluan.com

Takut Seperti Chernobyl, Batan akan Tebang Pohon Terpapar Radioaktif

Takut Seperti  Chernobyl, Batan akan Tebang Pohon Terpapar Radioaktif
Kawasan yang terpapar limbah radioaktif (Antara Foto/Muhammad Iqbal 

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Dampak mutasi terhadap tumbuhan dan hewan ini sudah terbukti pada saat kecelakaan reaktor nuklir di Chernobyl.  Karena itu Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) akan menebang pohon-pohon yang sudah terpapar radioaktif  di kawasan permukiman di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan. 

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara menyatakan, pohon-pohon di area yang terpapar radioaktif akan ditebang. 

Dia mengatakan penebangan dilakukan usai proses clean up selesai seluruhnya.

"Terutama mungkin, yang ada buah dimakan orang. Di sini kan ada pohon nangka, ada jeruk kalau tidak salah. Singkong atau apa gitu. Nah itu yang harus kita jamin,"  jelasnya, Senin (17/2). 

Sebagaimana dicatat Dewi Ayu Warmadewi dalam tulisan berjudul 'Mutasi Genetik', radioaktif merupakan salah satu agen mutasi yang bisa membuat tumbuhan atau makhluk hidup bermutasi. Hal ini dikarenakan paparan radioaktif memliki daya tembus yang kuat sehingga mencapai bahan genetis dalam inti sel.

Secara alami, frekuensi mutasi terhitung rendah, yakni 1:10.000 individu. Namun, mutasi bisa secara spontan terjadi oleh faktor paparan radioaktif. Makhluk hidup yang bermutasi, baik hewan maupun tumbuhan disebut mutan.

Dampak mutasi terhadap tumbuhan dan hewan ini sudah terbukti pada saat kecelakaan reaktor nuklir di Chernobyl terjadi pada 26 April 1986 di kawasan Ukraina, saat itu masih menjadi kawasan Uni Soviet. Sejumlah hewan dan tumbuhan yang terpapar radioaktif mengalami mutasi.(*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi
Ikuti kami di