Harian Haluan

Harianhaluan.com

Kota Solok Direndam Banjir

Kota Solok Direndam Banjir
Kondisi banjir di Kota Solok. (Rivo Septi Andries) 

SOLOK KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras yang mengguyur Kota Solok sejak Senin malam mengakibatkan banjir pada sejumlah wilayah di dua kecamatan, Selasa (18/2). 

Bencana tersebut mengakibatkan aktifitas warga terganggu. Pantauan harianhaluan.com, banjir merendam perumahan warga di Kelurahan KTK, Kecamatan Lubuk Sikarah dengan kedalaman air setinggi pinggang orang dewasa. 

Di kawasan Simpang Rumbio, Simpang Pandan sejumlah rumah warga ikut terendam dan jalan Batu Gadang tidak bisa dilalui karena derasnya air yang melintas di jalan tersebut.

Di kawasan yang menjadi langganan banjir seperti di Koto Panjang, Kecamatan Tanjung Harapan (bantaran sungai) air merendam setinggi dua meter bahkan air hampir menutup atap rumah warga.

Selain itu, jalan lintas di Kota Solok yang menghubungkan Sawahlunto dan Padang tepatnya di depan Kejaksaan Negeri Solok ikut terancam banjir, meski tidak begitu dalam. Namun, menyebabkan macet. SPBU yang berada di sekitar lokasi tersebut juga ikut tergenang banjir. 

Zal (40), salah seorang warga di Koto Panjang mengatakan, air mulai merendam permukiman pada 01.30 WIB. “Begitu cepat datangnya banjir kali ini. Bahkan tadi ada warga yang tak sempat menyelamatkan harta bendanya. Hanta pakaian di badannya saja yang ia bawa mengungsi,” ucapnya.

Sementara, listrik di beberapa wilayah padam. Hingga 10.30 WIB, BPBD, Tagana, PMI dan instansi yang terkait penanganan bencana masih mendata dan mengevakuasi warga dan barangnya yang ingin diselamatkan. (*)

Reporter : Rivo Septi Andries /  Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di