Harian Haluan

Harianhaluan.com

Masuk Bursa Pilkada Sumbar 2020

Audy Joinaldy Tetap Serius Tuntaskan Program Doktor di IPB

Audy Joinaldy Tetap Serius Tuntaskan Program Doktor di IPB
Audy Joinaldy saat disertasi doktornya di IPB. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Di saat namanya mulai jadi buah bibir publik Sumbar dalam belantika politik daerah ini jelang Pilgub 2020, Audy Joinaldy tetap serius dalam menuntaskan rencana akademik di Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Salah satu kegiatan akademik untuk menyandang gelar doktor, itu berupa seminar kolokium doktoralnya di kampus yang mengantarkannya meraih gelar sarjana peternakan 2005 silam. Seminar kolokium ini digelar pada Selasa (18/2). 

Di hadapan 50 mahasiswa lintas jurusan dan jenjang strata 1 dan strata 2, dia menyampaikan pembahasan dengan judul Rancang Bangun Logistik 4.0 untuk bisnis Day Old Chick (DOC).

Kegiatan ini sendiri berlangsung di Ruang Seminar Cendana Kampus Sekolah Bisnis IPB. Dalam pemaparannya, Audy yang kelahiran Jakarta mampu menjelaskan secara gamblang di hadapan mahasiswa itu. 

“Sabtu (22/2) mendatang, kami akan melanjutkan program akademik untuk mengikuti kuliah tamu di IPB, Bogor,” lanjutnya. 

Perhatian publik mulai tertuju kepadanya ketika Audy yang berdarah Padang-Solok itu mulai muncul di berbagai baliho berukuran besar di daerah ini. 

Tak berlangsung lama, dia pun mulai muncul di hadapan media dan ormas di Padang. Terang-terangan ia menyebut keinginannya berkiprah di kampung halaman. Jalur politik jadi langkah pengabdiannya. Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Mahyeldi, politisi PKS pada Pilgub 2020 ini.

“Ini mungkin saatnya dan sebuah kehormatan bagi saya untuk membangun Sumbar bersama Buya (sapaan akrab Audy untuk Mahyeldi). Selama ini, di bidang bisnis, saya banyak berkiprah di Indonesia Timur, seperti di Makassar, NTB."

"Kami membangun industrialisasi pertanian dan peternakan yang akhirnya ikut membantu pengembangan daerah. Di Sumatera, saya belum ada. Jadi, saya pikir, dengan dorongan orang tua ini bisa menjadi momentum untuk berkiprah bagi kampung halaman,” katanya saat itu.

Beberapa bulan belakangan, dia menjadi buah bibir di kalangan masyarakat dengan berjubel gelar di namanya. Audy Joinaldy adalah pria kelahiran Jakarta, namun darah Minangkabau mengalir deras dalam darahnya. Ayahnya Joi Kahar adalah pengusaha Nasional asal Parak Karambia, Kota Padang. Sedangkan ibunya berasal dari Solok.

“Saya memang tidak lahir di Sumbar, namun ibu saya asli Solok. Rumah gadang keluarga kami yang dibangun tahun 1928 sampai sekarang masih berdiri kokoh di Solok,” ujar suami dari dr Fitria Amalia Umar SP KK ini.

Dalam perjalanan karirnya, anak muda ini terbilang sukses, terutama di bidang pertanian dan peternakan. Sukses di bidang bisnis, tak membuatnya abai dengan akademik. 

Setelah tamat S1 Peternakan di Institut Pertanian Bogor (IPB) 2005 silam, ia melanjutkan S2 di Master Of Science di Wageningen University, Food Quality Management/Animal Nutrition dan lulus pada tahun 2007.

Selanjutnya, dia juga mengambil Magister Manajemen di Universitas Hasanuddin Makasar dan Insinyur Peternakan di Universitas Gajah Mada dan Insinyur ASEAN di ASEAN Federation Organization Engineering.

Sekarang dia sedang menyelesaikan program doktor di IPB. Karena prestasinya ini, dia sekarang juga diminta menjadi pengajar di IPB dan UGM. (*)

 Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di