Harianhaluan.com

Harianhaluan.com

Barang Bukti Ganja Senilai Ratusan Juta Dimusnahkan di Pasaman

Barang Bukti Ganja Senilai Ratusan Juta Dimusnahkan di Pasaman
Menggunakan masker, Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE bersama unsur Forkopimda musnahkan BB Ganja. (Yudhi Lubis) 

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Resor (Polres) Pasaman memusnahkan barang bukti (BB) ganja senilai ratusan juta rupiah, Kamis (20/2). Narkoba tersebut merupakan barang bukti sitaan polisi dari dua tersangka, RJ dan YAP beberapa waktu lalu. 

Pemusnahan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Asari, Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf Ahmad Fauzi, Pihak kejaksanaan, Pengadilan Negeri dan unsur lainnya. Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya mengatakan, barang bukti tersebut hasil pengungkapan jajaran Polres Pasaman dalam pelaksanaan Operasi Antik, beberapa waktu lalu. 

Para tersangka diamankan di Lubuk Aro, Nagari Padang Mentinggi, Rao, tepatnya di Jalinsum Medan-Bukittinggi. "Adapun, BB ganja yang dimusnahkan pada pagi ini sebanyak 56 paket besar atau sekitar 60 Kilogram, dari total 57 paket besar yang diamankan dari tangan kedua tersangka. Satu paket lagi BB untuk ke pengadilan," katanya. 

Kedua tersangka adalah kurir. Mereka sudah menjadi TO (target operasi) Satres Narkoba sejak lama. Sebelum meringkus tersangka, tim unit opsnal sudah berhari hari melakukan pemantauan. "Kedua tersangka, yaitu Rahmad Julianto (23), warga Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman dan Yogi Andika Putra (25), warga Lubuk Minturun, Kota Padang," ungkap Kapolres.

Baca Juga : Dugaan Korupsi Pembangunan Hotel, Mantan Bupati Kuansing Diperiksa Penyidik
Baca Juga : Ini Ide Liburan untuk Menikmati Long Weekend di Rumah Aja


Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap pelaku tindak pidana narkotika. "Kami akan tindak tegas bagi pengedar atau pun bandar yang masih berani mengedarkan barang haram di Indonesia, khususnya di Pasaman ini," tandasnya. 

Kapolres mengajak Forkopimda dan tokoh masyarakat untuk dapat bekerja sama dengan Polres Pasaman dalam melakukan pemberantasan dan penindakan terhadap narkoba dan menyatakan perang terhadap narkoba.

Sementara Kasatres Narkoba, Iptu Syafri Munir mengatakan, jika ditotal barang bukti ganja tersebut beromzet Rp200 jutaan lebih. Apalagi jika barang haram itu diencer para tersangka dalam bentuk paket kecil, hasilnya (keuntungan) bisa lebih banyak.

"Dari keterangan para tersangka, harga narkoba jenis ganja dalam satu paket besar bisa mencapai Rp2 juta. Lain lagi kalau diincer dalam paket kecil, dalam satu paket bisa mencapai Rp4 jutaan," ungkap Iptu Syafri Munir. 

Staf Ahli Bupati Pasaman, Asari yang hadir di lokasi pemusnahaan BB ganja memberikan apresiasi terhadap Polres Pasaman beserta jajaran atas kinerjanya, sehingga dapat melakukan pengungkapan terhadap kasus narkotika yang terbilang banyak jumlahnya.

"Kami berharap Polres Pasaman, khususnya jajaran Satres Narkoba dapat lebih semangat untuk memerangi narkotika di Pasaman. Sebab, ini sangat bahaya dan dapat merusak generasi muda penerus bangsa," katanya. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Ikuti kami di