Harian Haluan

Harianhaluan.com

KPU Limapuluh Kota Kembalikan Syarat Dukungan Duo Mas

KPU Limapuluh Kota Kembalikan Syarat Dukungan Duo Mas
Paslon jalur perseorangan bupati dan wabup Maskar-Masril, kir,i seusai menyerahkan syarat dukungan ke KPU Limapuluh Kota..Zulkifli 

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, mengembalikan syarat dukungan yang diserahkan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, dari Jalur perseorangan, Maskar M.Dt Pobo-Masril, untuk dilengkapi usai dilakukan pemeriksaan, Kamis (20/2) hingga pukul 24.00 WIB tengah malam.

Meski sudah memenuhi syarat sesuai jumlah dukungan minimal 22.539, namun dari 25.599 dukungan yang diserahkan Maskar M.Dt Pobo-Masril ke KPU setempat, terdapat perbedaan antara jumlah data yang di input ke-Silon (Sistim Informasi Pencalonan) dan dokumen yang diserahkan.

Setelah dilakukan pengecekan formulir B.1 KWK ditemukan jumlah dukungan yang diserahkan sebanyak 25.576 dan terdapat perbedaan dari jumlah formulir model B.2-KWK 25.599 dukungan. Dari jumlah 25.576 formulir B.1-KWK itu, 25.544 jumlah dokumen dinyatakan lengkap dan 32 jumlah dokumen yang tidak lengkap.

Hasil pengecekan jumlah dukungan pada formulir model B.1-KWK perseorangan, model B.1.1-KWK perseorangan, dan model B.2-KWK perseorangan, sesuai dokumen dukungan, formulir model B.1-KWK perseorangan, jumlah dukungan memenuhi syarat berjumlah 25.545, jumlah dukungan tidak memenuhi syarat 32, jumlah sebaran menuhi syarat di 13 Kecamatan yang ada di Limapuluh Kota.

Pada formulir model B.1.1-KWK perseorangan, jumlah dukungan memenuhi syarat 25.540, jumlah dukungan tidak memenuhi syarat 4, jumlah sebaran memenuhi syarat di 13 Kecamatan. Pada Formulir model B.2-KWK perseorangan, jumlah dukungan memenuhi syarat 25.599, jumlah dukungan tidak memenuhi syarat 0, jumlah sebaran memenuhi syarat di 13 Kecamatan.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon didampingi Anggota KPU Amfreizer, menjawab wartawan, Jumat (21/2). Dia menyebut, sesuai berita acara nomor : 16/PL.02.2-BA/1307/KPU-Kab/II/2020 tentang hasil pengecekan pemenuhan jumlah dukungan dan sebarannya terhadap bakal pasangan Calon perseorangan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020, dikembalikan.

“Berdasarkan hasil pengecekan sebagian dukungan bakal pasangan Calon perseorangan dinyatakan memenuhi syarat dukungan dan sebarannya, namun terdapat perbedaan jumlah dukungan pada formulir model B.1-KWK perseorangan dengan jumlah dukungan pada formulir model B.1.1-KWK perseorangan dan model B.2-KWK perseorangan, maka dokumen dukungan bakal pasangan Calon perseorangan dikembalikan," ujar Amfriezer.

Menurut dia, seluruh syarat dukungan dikembalikan kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maskar M.Dt.Pobo-Masril, termasuk Silon. Sehingga, pasangan Maskar M.Dt.Pobo-Masril, masih memiliki waktu hingga 23 Februari 2020 sampai pukul 24.00 Wib tengah malam untuk kembali menyerahkan syarat dukungan kepada KPU.

Komisioner Bawaslu Limapuluh Kota, Ismet Aljanata, menyebut, sesuai dengan petunjuk teknis KPU No 82, jika tidak sama B.1-KWK dengan B.1.1-KWK maka harus dikembalikan untuk diperbaiki dan dikembalikan dimasa penyerahan berkas syarat dukungan pada batas akhir 23 Februari 2020.

"Sesuai dengan petunjuk teknis KPU No 82, jika tidak sama B1 KWK dengan B1.1 KWK maka harus dikembalikan untuk diperbaiki dan dikembalikan dimasa penyerahan berkas pada batas akhir 23 Februari 2020. Jadi sudah sesuai dengan aturan," sebut Ismet Aljanata, Jumat (21/2) kepada wartawan.

 

Bakal Pasangan Calon Perseorangan Maskar-Masril, mengaku bahwa sebenarnya syarat yang diserahkan sudah lengkap dari syarat minimal 22.539 dukungan. Namun, KPU memberikan status mengambalikan akibat ada perselisihan jumlan data sedikit sekali.

Disampaikan Maskar-Masril di posko pemenangan di Pulutan, Tanjung Pati, Kecamata Harau, mengungkapkan, dengan status dikembalikan maka 113 persen data yang Ada di Silon hilang kembali. Sehingga, dirinya dan Tim harus bekerja keras lagi untuk melakukan input data ke-Silon,

"Kita khawatir apakah lampu hidup terus maupun internet selalu baik atau tidak bermasalah, tidak ada jaminan sama sekali. Sementara data yang ads di Silon dengan status dikembalikan hilang semua," tutur Maskar. (h/zkf)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi
Ikuti kami di