Harian Haluan

Harianhaluan.com

Komisi VIII DPR RI Dukung Tranformasi Kelembagaan IAIN menjadi UIN

Komisi VIII DPR RI Dukung Tranformasi Kelembagaan IAIN menjadi UIN
Komisi VIII DPR RI saat melakukan audiensi dengan Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, di gedung Nusantara II, Senayan Jakarta. 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi VIII DPR RI yang membidangi Agama dan Sosial, menyatakan dukungan penuh terhadap transformasi kelembagaan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Hal tersebut disampaikan Lisda Hendrajoni saat Komisi VIII melakukan audiensi dengan Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, pada Kamis (20/2), di gedung Nusantara II, Senayan Jakarta.

Lisda Hendrajoni mengatakan, pihaknya sangat mendukung IAIN menjadi Universititas Islam Negeri. Menurutnya, jika sudah berstatus universitas, tentunya perguruan tinggi Islam negeri, bisa mendapatkan lebih banyak program untuk peningkatan kualitas dari kementerian yang berlandaskan nilai keislaman tersebut.

"Ya, kami sangat mendukung sepenuhnya, untuk transformasi IAIN menjadi UIN. Hal ini sangat berpengaruh dengan sistem PTIN yang sudah berstatus universitas menjadi lebih profesional," tuturnya.

Menurut Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar itu, setidaknya dari Sumatra Barat ada 2 Institute Agama Islam Negeri yakni IAIN Bukittinggi dan IAIN Batusangkar, yang menyatakan kesiapannya dalam transformasi kelembagaan menjadi universitas.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto, khusus untuk IAIN Kendari, bakal diprioritaskan karena terletak di Ibukota Provinsi dan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri Islam di Sulawesi Tenggara. (h/kis)

 

 

Reporter : Okis /  Editor : Heldi
Ikuti kami di