Harian Haluan

Harianhaluan.com

Fenomena Panas di Rumah Warga, Dinas ESDM: Bisa Jadi Itu Kabel Putus

Fenomena Panas di Rumah Warga, Dinas ESDM: Bisa Jadi Itu Kabel Putus
Hawa panas pada lantai rumah warga di Kecamatan Koto Tangah bisa mematangkan telur. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Fenomena panas yang terjadi di lantai rumah warga belum bisa dipastikan jika hal tersebut karena adanya panas bumi atau peristiwa alam. Pihak dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar menduga, hal tersebut adalah jaringan kabel listrik yang putus. 

"Kita belum bisa memastikan ya. Kita harus pantau ke lapangan karena sejauh ini belum ada laporan. Hal-hal yang seperti itu belum tentu fenomena alam," kata Ahli Geologi bidang Air Tanah Dinas ESDM Sumbar, Dian Hadiansyah saat dihubungi wartawan, Jumat sore. 

Ditambahkannya, pernah ada kejadian yang sama persis dengan saat ini. Karena itu, kuat dugaan penyebabnya adalah kabel yang putus di bawah tanah dan bisa menimbulkan hawa panas. "Kita juga akan menyurati Badan Geologi sebab mereka yang paham dengan hal itu," kata Dian. 

Disebutnya, kawasan Koto Tangah sendiri diketahui adalah rawa. Merunut dari kejadian sebelumnya, tak mungkin itu fenomena panas bumi, karena biasanya itu terjadi di kawasan patahan. "Koto Tangah itu wilayah cekungan, bisa jadi ada kabel korslet di bawah tanah dan menjadi panas," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun
Ikuti kami di